Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

baidu international marketing competition

Baidu, perusahaan asal Tiongkok, baru saja meluncurkan sebuah kompetisi untuk mahasiswa/i aktif di Indonesia yang tertarik dengan dunia industri digital, kompetisi itu bernama Baidu International Marketing Competition 2016. Peserta kompetisi ini akan bersaing secara individu untuk merencanakan strategi pemasaran terbaik yang dapat diimplementasikan di produk Baidu.

Dalam ajang kompetisi ini, ada empat produk yang dijadikan kasus untuk marketing plan, yakni MoboMarket, DU Browser, DU Speed Booster, dan DU Battery Saver. Kompetisi tersebut dimulai sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2016 ini berlangsung dalam dua format penulisan, yaitu proposal marketing plan dan slide persentasi.

Ada lima nama pemenang dengan proposal marketing terbaik yang akan diumumkan pada tanggal 5 September 2016. Para pemenang itu diwajibkan untuk mengikuti Final Presentation di Jakarta pada tanggal 10 September 2016.

Baca juga: Global Scientists and Engineers Program (GSEP), Beasiswa Jepang untuk Kuliah S1 selama 4 Tahun!

Kegiatan Final Presentation sendiri akan dilanjutkan dengan awarding night, yakni pengumuman tiga juara utama untuk memenangkan perjalanan gratis menghadiri acara marketing bergengsi di Beijing pada Oktober 2016 dan beasiswa jutaan rupiah.

Baidu Marketing Competition

Poster Baidu Marketing Competition

Syarat dan Ketentuan Baidu International Marketing Competition 2016

Ketentuan Umum

  1. Baidu Indonesia Marketing Competition (BIMC) merupakan lomba yang diselenggarakan oleh PT. Baidu Digital Indonesia.
  2. Peserta akan bersaing secara individu/perorangan.
  3. Setiap peserta Baidu Indonesia Marketing Competition merupakan mahasiswa/i perguruan tinggi (D1, D2, D3, S1, atau S2) yang berstatus aktif.
  4. Kompetisi dibuka dari 1 Juli 2016 – 31 Agustus 2016 melalui website www.sahabatbaidu.id.

Peraturan

  1. Lomba BIMC merupakan lomba rencana pemasaran yang berlangsung dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dengan dua format penulisan yaitu proposal dan slide.
  2. Untuk proposal dapat menggunakan Bahasa Indonesia, sedangkan khusus slide presentasi menggunakan Bahasa Inggris.
  3. Dalam kompetisi ini, peserta ditantang untuk merencanakan strategi pemasaran terbaik yang dapat diimplementasikan pada produk Baidu.
  4. Terdapat 4 (empat) produk yang dijadikan case dalam kompetisi ini, yaitu MoboMarket, DU Browser, DU Speed Booster, dan DU Battery Saver.
  5. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) proposal dengan memilih 1 (satu) produk yang akan dijadikan case.
  6. Peserta dapat mengunjungi http://sahabatbaidu.id/ untuk mendapatkan infromasi mengenai produk Baidu sebagai referensi dalam pengerjaan rencana pemasaran.
  7. Proposal dan slide presentasi yang sudah dikumpulkan dapat direvisi 1x selama batas waktu belum berakhir.
  8. Peserta wajib mengumpulkan proposal beserta slide presentasi. Jika hanya mengirimkan salah satu saja maka akan dianggap sebagai bentuk diskualifikasi.
  9. Dari tahap seleksi, akan dipilih sebanyak 5 (lima) pemenang.
  10. 5 (lima) pemenang tersebut kemudian diwajibkan untuk mengikuti Final Presentation sebagai rangkaian acara BIMC 2016 di Jakarta. (Dana transportasi keberangkatan dan kepulangan serta akomodasi selama di Jakarta akan ditanggung pihak Baidu Indonesia).
  11. Segala bentuk plagiarisme akan menyebabkan sanksi diskualifikasi dan juri berhak membatalkan segala bentuk kemenangan jika di kemudian hari terbukti terdapat indikasi plagiarisme.
  12. Keputusan dewan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat.
  13. Peserta yang lolos tahap seleksi akan diumumkan melalui website resmi BIMC 2016 di www.sahabatbaidu.id dan media publikasi Baidu Indonesia lainnya.
  14. Setiap perubahan peraturan BIMC 2016 akan diumumkan melalui website BIMC 2016 di www.sahabatbaidu.id dan media publikasi BIMC lainnya.

Ketentuan Proposal

  1. Proposal marketing plan diketik dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Font yang digunakan dalam pengetikan proposal adalah Times New Roman, dengan ukuran huruf 16 untuk judul, ukuran huruf 14 untuk sub-judul, dan ukuran huruf 12 untuk isi proposal.
  3. Margin penulisan proposal sebesar 1” untuk setiap sisinya (kecuali cover).
  4. Penulisan proposal menggunakan line spacing 1.5 cm dengan format justify.
  5. Proposal maksimal terdiri dari 20 halaman dengan ukuran kertas A4, di luar cover dan lampiran.
  6. Proposal dapat dikumpulkan dalam format Adobe Acrobat (.pdf) atau Ms. Word (.doc, .docx) melalui website www.sahabatbaidu.id dengan batas akhir pengumpulan pada tanggal 31 Agustus 2016 pukul 23.59 WIB.
  7. Format penulisan proposal dapat mengacu kepada bagian Susunan Kerangka Proposal (terdapat pada halaman 4), namun tidak diwajibkan untuk persis sama, terkecuali untuk bagian cover proposal. Peserta harus memenuhi ketentuan cover proposal yang telah ditetapkan.

Baca Juga: UC International First Year Scholarship: Beasiswa S1 di New Zealand

Ketentuan Presentasi

  1. Slide presentasi harus menggunakan Bahasa Inggris.
  2. Bentuk penulisan dalam slide dibebaskan kepada peserta kompetisi dengan maksimal terdiri dari 15 halaman.
  3. Slide dikumpulkan dalam format Ms. PowerPoint (.ppt, .pptx, .pps, .ppsx) melalui website www.sahabatbaidu.id dengan batas akhir pengumpulan pada tanggal 31 Agustus 2016 pukul 23.59 WIB.

Kriteria Penilaian Tahapan Seleksi

  • Analisis dari segi kompetitor, customer, perusahaan, dan produk (35%)
  • Konsep dari strategi yang direncanakan (35%)
  • Implementasi dalam bentuk timeline dan budgeting yang diperlukan (30%)

Susunan Kerangka Proposal

  1. Cover: Pada cover proposal wajib dicantumkan nama peserta, nama universitas dan logo BIMC 2016. Desain cover dibebaskan sesuai dengan kreativitas peserta.
  2. Daftar Isi.
  3. Ringkasan Eksekutif: Rangkuman singkat dari keseluruhan isi proposal dan dibuat dalam 1 halaman.
  4. Analisis: produk beserta SWOT.
  5. Strategi Marketing: Penjelasan atas tujuan marketing plan yang direkomendasikan, STDP (Segmenting, Targeting, Differentiating, dan Positioning) dari produk di pasar, serta strategi pemasaran yang direkomendasikan dari segi content (pesan yang ingin disampaikan) dan context (dapat berupa marketing mix).
  6. Implementation: Penjelasan atas timeline dan budgeting implementasi strategy marketing beserta tingkat efektivitas dari strategi marketing yang direkomendasikan.
  7. Closing Statement.

Baca juga: Chevening Scholarship: Beasiswa UK bergengsi telah dibuka!

Bagi para Sobat Galedu yang tertarik mendaftar kompetisi ini dapat mengunjungi situs http://sahabatbaidu.id/. Informasi lain seputar International Marketing Competition 2016 juga dapat diakses dari http://sahabatbaidu.id/.