Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Salah satu beasiswa yang paling ditunggu-tunggu pun telah dibuka pendaftarannya! Yep, pendaftaran beasiswa Astra 1st telah dibuka!

Astra 1st merupakan program pengembangan diri dan bantuan dana pendidikan yang diberikan secara komprehensif kepada mahasiswa terpilih. Sebagai Astra 1st, kamu akan ditantang untuk menjadi konsultan bisnis melalui proyek yang diberikan oleh perusahaan Grup Astra. Melalui proyek tersebut, kamu berkesempatan untuk menjalin relasi dengan eksekutif Grup Astra dan mengenal dunia kerja dengan lebih dekat.

Bagi kamu, mahasiswa aktif di Pulau Jawa, kamu bisa coba untuk mendaftar beasiswa ini!

Keuntungan menjadi Astra 1st

  • Mengeksplor bisnis Grup Astra sebagai konsultan bisnis melalui proyek nyata
  • Pengembangan diri melalui Individual Development Plan yang dibimbing langsung oleh HR PT Astra International Tbk
  • Mengikuti Astra Workshop Program sebagai pembekalan program Astra 1st
  • Bantuan dana untuk pengembangan diri sejumlah Rp5juta rupiah/semester (durasi program satu tahun)

Persyaratan Pendaftaran

  • Mahasiswa S1 aktif di universitas di Pulau Jawa
  • Berasal dari semua jurusan (diutamakan dari Fakultas Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik)
  • Minimum IPK 3,00 dari skala 4,00
  • Aktif berorganisasi
  • Sedang tidak menerima beasiswa dari perusahaan lain
  • Dapat mengikuti keseluruhan program dari Agustus 2017 hingga Mei 2018

pendaftaran beasiswa astra1st 2017 dibuka kantor astra

Proses Seleksi

Untuk mendaftarkan diri, klik di sini. Ada lima tahap seleksi yang akan dilakukan:

1. Screening awal

Pada tahap ini, kamu perlu mengisi data diri mulai dari data personal, pendidikan, latar belakang organisasi, dan informasi lainnya. Kamu bisa mengakses formulirnya di sini.

2. Tes online

Tenang, tes ini adalah tes yang dilakukan secara online dan menguji pengetahuan kamu tentang Astra dan membuat kamu untuk lebih mengenal Astra. Untuk dapat menjawab pertanyaan pada tes ini, kamu perlu membaca informasi di website Astra. Bacalah mengenai filosofi, visi, misi, sejarah, serta bisnis di Astra.

3. Tes psikologi

Setelah melewati dua tahap awal, kamu akan diminta untuk datang ke kantor Astra di daerah Sunter untuk melakukan tes tertulis semacam tes IQ dan tes kepribadian.

Seperti tes psikologi pada umumnya, kamu akan diberikan sejumlah soal untuk mengukur kemampuan kamu, seperti tes IQ pada umumnya dengan waktu tertentu. Setelah itu, kamu akan diberikan pernyataan untuk mengukur kepribadian kamu. Jadilah diri kamu sendiri dan tampilkan diri kamu apa adanya.

4. Focus Group Discussion

Jika kamu lolos tahap tes psikologi, tim Astra 1st akan mengumumkan jadwal tahap berikutnya, yaitu FGD atau Focus Group Discussion. Yup, FGD merupakan salah satu metode di mana 6-12 orang dalam suatu kelompok akan mendiskusikan solusi dari suatu masalah.

Pertama-tama, kamu akan diminta untuk memikirkan solusinya berdasarkan data dan fakta yang disediakan secara individual, kemudian kamu akan diminta untuk berdiskusi dan menghasilkan solusi kelompok. Setelah itu, kamu dan kelompokmu akan diminta untuk memberikan kesimpulan. Durasi FGD ini adalah sekitar satu jam dan kamu akan diminta untuk datang ke kantor Astra di daerah Sunter untuk melakukan FGD ini.

5. Wawancara

Wawancara merupakan tahap akhir dari proses seleksi Astra 1st. Persiapkan diri kamu sebaik-baiknya!

Nah, apabila kamu sudah melewati tahapan diatas, kamu harus menunggu beberapa minggu untuk menunggu hasilnya. Biasanya hasilnya akan dikirimkan melalui email hanya jika kamu lolos dan terpilih menjadi salah satu penerima program Astra 1st.

pendaftaran beasiswa astra1st 2017 dibuka astra 60 tahun

Tanggal Penting Beasiswa Astra 1st

Proses seleksi akan diadakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang pada April sampai Juni 2017. Hanya kandidat yang lolos kualifikasi yang akan menerima informasi untuk proses selanjutnya. Daftarkan dirimu paling lambat 16 April 2017. Untuk mendaftar, klik di sini.

Info lebih lanjut :

Twitter: @AstraCareer
Facebook: Astra Career
Instagram: @astra
career

Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara Beasiswa