Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

beasiswa-endeavour

Beasiswa Endeavour merupakan salah satu beasiswa unggulan, yang ditawarkan kepada mahasiswa Internasional setiap tahun oleh pemerintah Australia. Beasiswa Endeavour merupakan beasiswa penuh, nama lengkap beasiswa ini adalah The Endeavour Scholarships and Fellowships. Beasiswa ini sangat kompetitif dimana Sobat Galedu harus bersaing dengan pelajar diseluruh dunia. Namun, sebanding dengan fasilitas dan keuntungan beasiswa yang akan diterima, satu beasiswa bisa bernilai miliaran rupiah.

Kabar gembira bagi Sobat Galedu, beasiswa ini telah resmi dibuka kembali untuk tahun 2017. Program ini sudah dibuka sejak tahun 2003. Program ini terbuka bagi 125 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sejak tahun 2007, sudah total 3.305 beasiswa yang diberikan dan 180 berasal dari Indonesia.

Keuntungan Beasiswa Endeavour

  • Tunjangan penuh biaya perkuliahan/program
  • Tunjangan kemandirian. Sebesar $2,000 atau sebesar 20 juta rupiah untuk fellowship dan $4,000 atau sebesar 40 juta rupiah untuk scholarship
  • Tiket pesawat sampai dengan $3,000 atau sebesar 30 juta rupiah
  • Uang saku bulanan sampai dengan S3,000 atau sebesar 30 juta rupiah
  • Asuransi kesehatan
  • Asuransi perjalanan

Baca juga: Ini Cara Berikan Kesan Pertama yang Baik saat Pendaftaran Beasiswa!

Jenis-jenis Beasiswa Endeavour

Ada beberapa jenis Beasiswa Endeavour yang bisa Sobat Galedu dapatkan, seperti:

Endeavour Postgraduate Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan untuk mahasiswa Internasional yang ingin melanjutkan perkuliahan ke jenjang S2 maupun S3, untuk mendapatkan gelar Master atau PhD (Doktoral) baik untuk kuliah reguler atau riset di Australia. Beasiswa ini berdurasi 2 tahun untuk gelar Master dan 4 tahun untuk gelar PhD (Doktoral). Biaya pendidikan yang ditanggung oleh beasiswa ini sampai dengan $15,000 atau 150 juta rupiah per semester.

Endeavour Research Fellowship

Beasiswa Endeavour satu ini ditujukan bagi mahasiswa Internasional yang ingin mengambil riset singkat untuk jenjang Master, PhD, maupun riset post-doktoral di Australia. Beasiswa ini berdurasi 4-6 bulan. Biaya pendidikan yang ditanggung oleh beasiswa ini sampai dengan $24,500 atau 240 juta rupiah dalam satu periode.

Endeavour Vocational Education and Training (VET) Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan bagi Anda yang ingin mengambil pendidikan vokasi maupun training di Australia. Jenjang yang ditawarkan Australian Diploma, Advanced Diploma, atau Associate Degree. Beasiswa ini berdurasi 1 – 2,5 tahun. Biaya pendidikan yang ditanggung oleh beasiswa ini sampai dengan $6,500 atau 65 juta rupiah per semester.

Endeavour Australia Cheung Kong Research Fellowship

Beasiswa ini merupakan bantuan dana untuk mahasiswa Asia yang ingin mengambil riset untuk jenjang Master, PhD, maupun riset post-doktoral di Australia. Beasiswa ini berdurasi 4-6 bulan. Biaya pendidikan yang ditanggung oleh beasiswa ini sampai dengan $24,500 atau 240 juta rupiah dalam satu periode.

Endeavour Executive Fellowship

Beasiswa ini ditujukan bagi profesional yang ingin mengembangkan diri. Beasiswa ini berupa pelatihan profesional di Australia yang berdurasi selama 1-4 bulan. Beasiswa yang diberikan senilai $18,500 atau 180 juta rupiah dalam satu periode.

Persyaratan Beasiswa Endeavour

  1. Berusia 18 tahun atau lebih pada saat dimulainya program.
  2. Merupakan warganegara/penduduk tetap dari negara peserta (salah satunya Indonesia).
  3. Memulai program yang diusulkan setelah tanggal 1 Januari 2016 dan paling lambat 30 November 2016. Program yang dimulai sebelum dan sesudah 2016 tidak memenuhi syarat
  4. Menyediakan semua dokumen pendukung yang relevan.
  5. Tidak sedang memperoleh atau sudah menyelesaikan beasiswa yang disponsori Pemerintah Australia, setelah 1 Januari 2014.
  6. Tidak berlaku bagi mereka yang sudah memperoleh beasiswa Endeavour.

Dokumen yang diperlukan

 

beasiswa endeavour

Dokumen yang diberi tanda centang berarti harus dilampirkan dalam pengajuan aplikasi. Jika diberi tanda silang berarti tidak diperlukan. Semua dokumen dalam bahasa Indonesia harus diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menggunakan penerjemah resmi.

Pendaftaran dapat dilakukan lewat website resmi Beasiswa Endeavour disini.

Deadline Beasiswa

Batas akhir pendaftaran adalah 30 Juni 2016 dan pengumuman penerima beasiswa pada bulan Desember 2016.

Untuk pertanyaan atau info lebih lengkapnya dapat dilihat di website resmi Beasiswa Endeavour atau mengirimkan email ke [email protected]

Selain Beasiswa Endeavour, ada juga info beasiswa unggulan lainnya buat kamu yang masih di jenjang pendidikan S1 lho. Contohnya ada Beasiswa LPDP, Beasiswa Astra 1st, dan Beasiswa dari Kominfo.