Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

beasiswa-immj

Cina adalah negara dengan penduduk terbesar sedunia, dan bahasa Mandarin telah digunakan oleh lebih dari 1,05 miliar orang. Ini berarti seperlima dari penduduk bumi ini berbahasa Mandarin. Saat ini juga Cina telah menjadi negara ekonomi terbesar kedua dunia serta memberikan kontribusi yang besar dalam era pasar bebas saat. Hal ini menandakan akan pentingnya penguasaan berbahasa Mandarin, dan menjadikan pendidikan di Cina sebagai salah satu plihan utama.

Peluang melanjutkan studi di negeri Cina bagi masyarakat Indonesia kini semakin besar seiring Cina terus membuka pintu selebar-lebaranya bagi masuknya mahasiswa asing dengan berbagai fasilitas dan kemudahan. Pendidikan tinggi di Cina semakin membuka diri dengan maraknya perguruan tinggi asing dan pemerintah yang membuka program studi gelar menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

Baca juga: Pendaftaran Jakarta Sister City Youth Program 2016 Telah Resmi Dibuka!
 Tertarik untuk kuliah di Cina? Salah satu cara yang dapat Sobat Galedu tempuh adalah jalur beasiswa. The University of Bolton di Inggris bekerja sama dengan Beijing Foreign Studies University menawarkan beasiswa S2 bernama IMMJ Scholarship atau dalam bahasa Indonesia disebut beasiswa IMMJ, ini merupakan beasiswa di bidang multimedia dan jurnalistik untuk tahun ajaran 2016/2017. Beasiswa ini terbuka bagi seluruh pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia. Kuota yang tersedia untuk beasiswa IMMJ ini adalah 2 orang, dimana 2 orang tersebut akan memperoleh pendidikan gratis di Beijing, Cina selama maksimal 2 tahun.

Tentang Beijing Foreign Studies University (BFSU)

beasiswa-immj

Beijing Foreign Studies University

Beijing Foreign Studies University (BFSU) adalah sebuah universitas yang terletak di Beijing, Cina. Universitas ini merupakan universitas unggulan di Cina. Kampus Universitas dengan area asrama mahasiswa dan perpustakaan yang luas, terbagi menjadi dua bagian dan dipisahkan oleh Beijing’s Third Ring Road. Fasilitas lainnya yang ada di kampus seperti pusat audiovisual, gimnasium, ruang makan, dan lapangan tenis.

Universitas ini didirikan pada tahun 1941 sebagai lembaga pertama Cina yang mengkhususkan diri dalam studi bahasa asing, pelatihan banyak diplomat luar negeri Cina dan mendapatkan julukan Georgetown Cina. Dengan pertumbuhan pesat ekonomi Cina, Sekolah Hukum Universitas Studi Asing Beijing didirikan untuk memenuhi kebutuhan Cina untuk profesi hukum. Universitas ini juga mempunyai program studi lain seperti multimedia dan jurnalistik yang merupakan program studi unggulan.

Keuntungan Beasiswa IMMJ

  • Tunjangan biaya kuliah senilai 7.500 poundsterling atau senilai 900 juta rupiah;
  • Tanggungan biaya hidup;
  • Akomodasi;
  • Tiket pesawat dari negara asal ke Beijing;
  • Biaya lain yang diperlukan harus ditanggung oleh penerima beasiswa.

Persyaratan Beasiswa IMMJ

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa IMMJ seperti:

Portofolio dan Komitmen

Pelamar harus memiliki portofolio yang bagus serta komitmen pada bidang studi (multimedia & jurnalistik) yang akan dipelajari. Bagi pelamar dari jurusan lain, tak perlu khawatir. Sebab, selama memiliki pengalaman di bidang jurnalistik atau komunikasi, dan mampu menunjukkan portofolio yang bagus, maka hal tersebut bisa membuatmu menjadi kandidat yang kuat.

Baca juga: Dapatkan 55 Juta Rupiah dari Astra dalam SATU Indonesia Awards 2016!

Skor IELTS

Pelamar dari negara yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama harus memilki skor IELTS minimal 6,5.

Cara Pendaftaran Beasiswa IMMJ

  1. Wajib mengisi formulir dengan lengkap, meliputi esai sepanjang 500 kata. Formulir aplikasi dapat di download disini.
  2. Rangkuman kebutuhan finansial.
  3. Menyertakan link untuk portofolio online.
  4. Portofolio dapat berupa galeri foto sebanyak 20-30 gambar atau dua sampai tiga video yang dapat menunjukkan potensimu.

Aplikasi lengkap dikirimkan ke Sharron Lovell dengan email [email protected] dan [email protected]

Waktu Pendaftaran Beasiswa IMMJ

Pendaftaran beasiswa ini dibuka hingga 30 Juli 2016. Pengumuman hasilnya diberitahukan pada awal Agustus 2016.

Untuk Informasi Lengkap dapat dilihat dilink berikut ini.

Selain Beasiswa IMMJ, ada juga info beasiswa unggulan lainnya buat kamu yang masih di jenjang pendidikan S1 lho. Contohnya ada beasiswa LPDP, beasiswa Astra 1st, dan beasiswa dari Kominfo.