Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Australia adalah salah satu destinasi studi pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia. Kali ini, Galedu akan membahas mengenai informasi lengkap mengenai kuliah di Australia, sistem pendidikan di Australia, beasiswa apa saja yang ditawarkan di Australia, biaya hidup, dan universitas terbaik di Australia.

Alasan Kuliah di Australia

  • Australia merupakan negara ketiga terpopuler sebagai destinasi studi mahasiswa internasional dan memiliki mahasiswa internasional ketiga terbanyak setelah Inggris dan Amerika Serikat.
  • Di Australia, terdapat 22.000 bidang studi dan 1.100 institusi.
  • Delapan dari 100 universitas universitas terbaik dunia berasal dari Australia.
  • Lima dari 30 kota di dunia dengan pelajar terbaik adalah di Australia.
  • Menempati peringkat sembilan di dunia dalam hal sistem universitas.
  • Australia mengalokasikan dana sebesar AU$200 juta atau sekitar Rp.2 triliun sebagai beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia setiap tahunnya
  • Universitas Australia termasuk dalam 50 universitas terbaik dalam bidang studi: Art and Humanities; Clinical, Pre-Clinical, and Health; Engineering & Technology; Life Sciences; Physical Sciences; Social Sciences.
  • Sebanyak 2,5 juta alumni dari universitas di Australia membuat perubahan di seluruh dunia.
  • Sebanyak 15 pemenang penghargaan nobel berasal dari Australia.
  • Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia bergantung pada penemuan Australia di bidang: Penicilin, IVF, Ultrasound, WiFi, Bionic Ear, Cervical Cancer Vaccine, Black Box.

Sistem Pendidikan di Australia

beasiswa-australia-paling-terkenal-1

Australia menawarkan beragam pilihan studi dengan lebih dari 1.100 pilihan lembaga pendidikan dan lebih dari 22.000 pilihan jurusan bagi siswa internasional.

Perlindungan bagi siswa internasional meliputi Undang Undang Layanan Pendidikan bagi Siswa Asing (ESOS) 2000 dan Kode Praktik Nasional bagi Pihak Berwenang dalam Pendaftaran dan Penyedia Jasa Pendidikan dan Pelatihan bagi Siswa Asing 2007. Peraturan-peraturan ini memastikan standar nasional yang konsisten bagi para penyedia jasa pendidikan dan pelatihan bagi siswa internasional.

Pendidikan tersier mencakup pendidikan tinggi (universitas) dan pendidikan dan pelatihan kejuruan (VET dan TAFE). Sistem pendidikan Australia dibedakan dari banyak negara lain dengan the Australian Qualifications Framework (AQF).

AQF adalah suatu kebijakan nasional yang memungkinkan mahasiswa di Australia untuk berpindah dari level yang satu ke level lainnya dengan mudah, dari suatu institusi ke institusi lainnya, selama mahasiswa bersangkutan memenuhi persyaratan visa pelajar. Sistem ini mempersiapkan pilihan dan fleksibilitas dalam perencanaan karir.

Beasiswa di Australia

Berikut ini adalah beasiswa yang paling terkenal di Australia:

1. Australia Awards

beasiswa-australia-paling-terkenal-australia-awards

Australia Awards merupakan beasiswa Pemerintah Australia yang rutin ditawarkan ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Australia Awards 2016 tidak jauh beda dari skema sebelumnya, yakni memberikan kesempatan beasiswa S1, S2, dan S3 di universitas-universitas terkemuka di Australia.

Australia Awards merupakan beasiswa penuh, di mana beasiswa ini menyediakan keperluan studi bagi penerima beasiswanya. Selain tanggungan biaya pendidikan penuh di Australia, beasiswa juga meliputi biaya hidup, tunjangan di masa perkuliahan awal, asuransi kesehatan, biaya les tambahan jika diperlukan, biaya pemeriksaan kesehatan, biaya tiket pesawat kelas ekonomi saat keberangkatan ke Australia dan pulang ke Indonesia, sampai biaya penelitian lapangan di Indonesia atau Australia.

Salah satu yang menarik dari program ini ialah tersedianya kursus bahasa Inggris di Indonesia sebelum keberangkatan, tunjangan hidup di Indonesia selama pelatihan, serta program pengenalan akademik di Australia sebelum dilaksanakan perkuliahan.

Beasiswa ini terbuka untuk umum dan menyediakan kesempatan yang sama tanpa memandang jenis kelamin, suku, dan disabilitas. Lalu untuk pendaftaran, beasiswa Australia Awards dibuka pada 1 Februari dan ditutup pada 30 April setiap tahunnya. Kamu bisa kunjungi website Australia Awards di sini.

2. Endeavour Scholarship and Fellowship

beasiswa-australia-paling-terkenal-endeavour

Endeavour Scholarship and Fellowship merupakan salah satu beasiswa favorit dan bergengsi di Australia. Beasiswa ini menawarkan pendidikan gratis untuk pelajar internasional dari Amerika, Eropa, Karibia, Timur Tengah, dan Asia Pasifik untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Australia.

Berbagai bidang studi dapat dipilih dalam program ini. Durasi beasiswa S2 adalah dua tahun, sementara durasi beasiswa S3 adalah empat tahun. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, biaya kedatangan, biaya hidup, asuransi dan asuransi.

Pendaftaran Endeavor Scholarship dibuka setiap tahunnya pada bulan April dan ditutup pada akhir Juni. Kamu bisa kunjungi website resmi Endeavour Awards di sini

3. IPRS (International Postgraduate Research Scholarships)

beasiswa-australia-paling-terkenal-iprs

Tujuan diadakannya program International Postgraduate Research Scholarships (IPRS) adalah untuk mendukung penelitian yang berkualitas dengan membantu pelajar dengan kualifikasi akademik yang baik dan ingin berpartisipasi dalam penelitian di Australia.

Program ini merupakan beasiswa S2 dan S3 yang diberikan untuk mahasiswa yang mengenyam pendidikan di universitas Australia yang termasuk dalam universitas yang berpartisipasi dalam program ini. Tunjangan yang diberikan adalah biaya kuliah, biaya asuransi kesehatan, dan biaya asuransi keluarga yang dibawa.

Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini dilakukan secara langsung ke universitas bersangkutan. Deadline aplikasi yang IPRS bervariasi, tergantung dengan deadline tiap universitas. Kamu bisa kunjungi website resmi IPRS di sini.

4. Australia APEC Women in Research Fellowship

beasiswa-australia-paling-terkenal-australia-apec

Program Australia APEC Women in Research Fellowship menyediakan bantuan dana untuk peneliti wanita berprestasi yang telah menyelesaikan studi S3 untuk memperoleh kesempatan penelitian bekerja sama dengan institusi pendidikan dan penelitian di Australia. Fellowship ini bertujuan untuk memotivasi mobilitas peneliti wanita dari negara APEC, termasuk Indonesia.

Program ini akan memberi tunjangan biaya perjalanan, biaya hidup bulanan, tunjangan keluarga, dan establishment allowance. Pendaftaran program ini dibuka tanggal 10 Februari 2017 dan ditutup pada tanggal 3 April 2017. Kamu bisa kunjungi website resmi Australia APEC Women in Research Fellowship di sini.


Selain beasiswa di atas, banyak lagi beasiswa yang ditawarkan oleh universitas swasta dan institusi lainnya yang menawarkan kesempatan studi di Australia. Kamu juga bisa mendaftar beasiswa LPDP agar bisa mendapat tunjangan penuh untuk studi di Australia.

Baca Juga:
* Syarat Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Penuhi dan Perhatikan
* Proses Lengkap dan Tanggal-tanggal Penting Pendaftaran Beasiswa LPDP
* Contoh Essay Beasiswa LPDP dan Tips Membuatnya
* Tips dan Beberapa Hal yang Harus Kamu Persiapkan dalam Wawancara Beasiswa LPDP
* Keuntungan dan Tips Mendapatkan Beasiswa LPDP

Selain LPDP, kamu juga bisa mendaftar Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud. Beasiswa ini menawarkan studi S1, S2, dan S3 di dalam dan luar negeri.

Baca Juga:
* Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi S1, S2, S3 dari Kemendikbud
* Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud: Beasiswa S2 dan S3 Dalam Negeri dan Luar Negeri

Kamu juga bisa mendaftar untuk beasiswa DIKTI agar bisa melanjutkan studi di Australia secara gratis.

Baca Juga:
* Ini 3 Beasiswa Terpopuler Dari Pemerintah Indonesia

Wujudkan mimpi kamu untuk mengenyam pendidikan di Australia. Selamat mencoba!