Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

beasiswa-pertukaran-pelajar-YSEALI

Sobat Galedu tahu tentang YSEALI? YSEALI merupakan sebuah komunitas anak-anak muda yang mempunyai tujuan atau visi yang sama untuk menjadi pemimpin. YSEALI merupakan kepanjangan dari Young Southeast Asian Leaders Initiative, komunitas ini diluncurkan oleh Presiden Barack Obama pada tahun 2013. YSEALI dibuat untuk menjaring pemimpin-pemimpin muda dari negara ASEAN, salah satunya Indonesia.

Program ini memberi kesempatan bagi kandidat terpilih untuk mengikuti kuliah singkat intensif di salah satu universitas atau perguruan tinggi di Amerika Serikat. Ada beberapa program YSEALI, salah satu program yang ditawarkan adalah program beasiswa pertukaran pelajar YSEALI ke Amerika. Program ini bernama YSEALI Academic Fellows Program.

Baca juga: Beasiswa Endeavour untuk Kuliah Gratis ke Australia Telah Dibuka

Perkuliahan yang bisa dipilih, diantaranya civic engagement, environmental issues, dan social entrepreneurship and economic development. Selain memperdalam pemahaman tentang Amerika Serikat, program YSEALI ini juga dibuat untuk meningkatkan skill kepemimpinan bagi penerima beasiswa. Sejumlah kegiatan yang lain telah disediakan dalam program ini, diantaranya pengembangan kepemimpinan, studi tur pendidikan, kegiatan pelayanan masyarakat.

Program ini juga memberikan Sobat Galedu kesempatan untuk terlibat langsung dengan rekan-rekan di Amerika. Program ini akan berakhir di Washington, DC dan Sobat Galedu akan bertemu dengan para pembuat kebijakan, perwakilan pemerintah, pebisnis, serta para pemikir di Amerika.

Keuntungan Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI

  • Beasiswa penuh kuliah selama 1 semester di universitas Amerika.
  • Tunjangan untuk program pengembangan diri dan studi tur.
  • Akomodasi di host family di Amerika.

Persyaratan Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI

  1. Berusia 18 sampai 25 tahun pada saat mengajukan aplikasi.
  2. Merupakan warganegara dari salah satu negara ASEAN, seperti Indonesia.
  3. Merupakan mahasiswa pra-sarjana atau S1 (full-time) atau telah lulus dan mendapatkan gelar S1 kurang dari 4 tahun pada saat mengajukan aplikasi.
  4. Mampu dalam membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik.
  5. Memenuhi persyaratan untuk memperoleh visa J-1 Amerika Serikat
  6. Pelamar hanya dapat memilih salah satu dari program beasiswa pertukaran berikut: YSEALI Academic Fellowship on Civic Engagement, YSEALI Academic Fellowship on Environmental Issues, dan YSEALI Academic Fellowship on Social Entrepreneurship and Economic Development.

Kriteria Seleksi Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI

  • Mempunyai kualitas kepemimpinan yang kuat dan memiliki potensi untuk mengembangan universitas, tempat kerja, atau komunitas asal.
  • Menunjukan minat, pengetahuan, atau pengalaman profesional pada salah satu tema dari YSEALI.
  • Menunjukan komitmen atau minat pada pelayanan masyarakat, sukarelawan, atau bimbingan masyarakat.
  • Bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam program akademik intensif, studi tur, serta pelayanan masyarakat.
  • Berkomitmen untuk kembali ke negara asal dan menerapkan keterampilan serta pelatihan kepemimpinan yang telah didapatkan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, negara, dan juga kawasan ASEAN.
  • Program ini lebih mengutamakan orang-orang yang belum pernah studi atau mempunyai pengalaman perjalanan ke Amerika.

Syarat Pendaftaran Beasiswa Pertukaran Pelajar YSEALI

  • Mengisi formulir aplikasi, dapat di download disini.
  • Mengirimkan formulir aplikasi yang telah diisi beserta surat rekomendasi melalui email ke [email protected]

Tanggal Penting

  • Aplikasi beasiswa diterima maksimal tanggal 15 Mei 2016.
  • Program akan dimulai akhir Agustus hingga awal November 2016.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program ini, Sobat Galedu dapat menghubungi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta pada nomor telp (021) 3435-9524 atau melalui ke email [email protected], kunjungi juga website resmi YSEALI Indonesia.

Selain Beasiswa Pertukaran YSEALI, ada juga info beasiswa unggulan lainnya buat kamu yang mau mendapatkan pengalaman kuliah di luar negeri. Contohnya ada ASEAN Scholarship dan Beasiswa dari Kominfo.