Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+5Email this to someone

beasiswa s1 singapura goh keng swee gks

Sobat Galedu ingin mendapatkan beasiswa S1 untuk kuliah di Singapura? Ada banyak lho program beasiswa Singapura yang bisa kamu ikuti, salah satunya Dr. Goh Keng Swee Scholarship atau beasiswa GKS. Beasiswa luar negeri ini dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS), dan diberikan sebanyak tiga sampai pelajar setiap tahunnya dari negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia

Pemberian nama beasiswa diambil dari salah seorang tokoh Singapura, Dr Goh Keng Swee. Ia merupakan seorang ahli ekonomi yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura di era 1968 – 1984. Beliau berperan penting dalam perkembangan negara Singapura di berbagai bidang, termasuk salah satunya di edukasi. Laporan yang bernama Goh Report di tahun 1979 berdampak hingga terjadinya perombakan besar-besaran sistem pendidikan dasar dan menengah di Singapura. Bahkan, sejumlah rekomendasi laporan ini masih dijadikan patokan dalam kurikulum sekolah hingga saat ini.

Nantinya, para penerima beasiswa bisa memilih salah satu dari empat universitas di Singapura sebagai tempat mengemban pendidikan: National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD).

Tunjangan beasiswa S1

  • Biaya kuliah penuh serta tunjangan/biaya wajib lainnya terkait perkuliahan
  • Tiket pesawat ekonomi pulang-pergi Indonesia-Singapura
  • Tunjangan/biaya hidup sebesar SGD 6.500 per tahun (sekitar 63 juta rupiah)
  • Tunjangan/biaya tempat tinggal
  • Tunjangan/biaya pindahan saat pertama kali tiba di Singapura sebesar SGD 200 (sekitar 2 juta rupiah)

Baca juga: Beasiswa Australia ini Wajib Disimak, Biaya Kuliah 100% Gratis!

Persyaratan beasiswa S1

  • Beasiswa GKS terbuka bagi pelamar beasiswa yang berkewarganegaraan/memiliki paspor Indonesia, Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar.
  • Pendaftaran beasiswa ini harus diikuti dengan pendaftaran masuk kuliah ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar program akan dipertimbangkan, kecuali program khusus seperti kedokteran.
  • Pelamar beasiswa harus mematuhi deadline pendaftaran universitas.
  • Pelamar beasiswa harus memperlihatkan kualitas kepemimpinan serta memiliki prestasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler yang baik.
  • Pelamar beasiswa pernah mengikuti atau berjanji mengikuti tes SAT

Jika nantinya sobat Galedu terpilih untuk menerima beasiswa tersebut, kamu akan dievaluasi setiap tahunnya berdasarkan pencapaian akademik. Beasiswa GKS ini diberikan hingga 4 (empat) tahun. Dan, setelah penerima beasiswa menyelesaikan studi S1 nya, penerima beasiswa akan diminta untuk bekerja selama 3 (tiga) tahun di sebuah perusahaan di Singapura atau perusahaan yang berasal dari Singapura di negara asal penerima beasiswa.

Jadi, selain mendapatkan beasiswa kuliah penuh selama 4 tahun, Sobat Galedu juga berpeluang besar mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari masa perkuliahan nanti.

Pendaftaran beasiswa S1

  • Pengajuan beasiswa GKS ini cukup mudah. Pelamar beasiswa hanya perlu melengkapi formulir aplikasi
  • Selain itu, pelamar juga harus mempersiapkan beberapa dokumen, seperti sertifikat TOEFL, sertifikat pendidikan, dan fotocopy passport
  • Setelah pelamar beasiswa melengkapi formulir aplikasi, kamu dapat mengirimkannya melalui email ke [email protected]

Pendaftaran beasiswa GKS setiap tahunnya dibuka sekitar bulan September hingga Februari, dan untuk program beasiswa GKS periode 2016 – 2017 dibuka dari tanggal 24 Oktober 2016 hingga 10 Maret 2017 pukul 23.59 waktu Singapura. Untuk mendaftar, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Goh Keng Swee Scholarship.

Sebaiknya pelamar beasiswa mengirimkan aplikasi tersebut sebelum deadline berakhir. Pelamar beasiswa yang masuk ke tahapan selanjutnya akan diminta untuk mengikuti tes profil kepribadian yang digelar secara online pada bulan Maret/April 2016.

Terakhir, pelamar terpilih akan diminta untuk mengikuti tes wawancara yang berlangsung di Singapura pada pertengahan Mei 2016. Biaya ditanggung sendiri oleh pelamar, akan tetapi hal itu akan dipertimbangkan jika pelamar tidak bisa ke Singapura.

Bagaimana Sobat Galedu, tertarik mencobanya? Untuk pertanyaan lebih lanjut bisa disampaikan melalui email yang tertera atau Sobat Galedu juga bisa membuka halaman FAQ ini. Selamat mencoba!

Selain beasiswa GKS, ada juga beasiswa Singapura lainnya yang bisa kamu ikuti seperti beasiswa ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS) dan ASEAN Scholarships for Indonesia. Kedua program beasiswa luar negeri itu diberikan oleh pemerintah Singapura, dan berlaku untuk jenjang pendidikan S1 dan SMA.

Baca juga: Ini Beasiswa Jepang yang Wajib Kamu Ikuti di Awal 2016


Kembali lagi untuk beasiswa GKS, ayo buruan daftar! Tanggal deadline sudah sangat dekat! Atau paling tidak, kamu bisa menyimpan informasi ini dan mencoba untuk gelombang pendaftaran tahun selanjutnya.

Nah, supaya kamu tidak lagi terburu-terburu saat ingin mendaftar beasiswa, coba deh bergabung di Galedu. Kami mengumpulkan berbagai info beasiswa luar negeri serta mencantumkan tanggal penting pendaftaran agar kamu bisa memiliki lebih banyak waktu persiapan nantinya.

Sumber gambar: DSO National Laboratories