Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

ASEAN in Today’s World beasiswa short course

Apakah kamu mahasiswa Indonesia yang punya impian kuliah di luar negeri? Selain beasiswa S1 dan S2, tahukah kamu bahwa ada banyak beasiswa short course yang bisa membawa kamu ke luar negeri juga?

Short course merupakan jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Banyak sekali program short course yang ditawarkan berbagai universitas di seluruh dunia, ada yang berbayar dan juga didukung dengan beasiswa. Nah kali ini, kami akan membahas tentang program short course bernama ASEAN in Today’s World (AsTW).

Tentang beasiswa short course

AsTW merupakan program studi yang berfokus pada urusan ASEAN dan Asia Timur. Programnya disusun agar dapat diikuti oleh mahasiswa di seluruh dunia, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Sejak diluncurkan pada tahun 2009 di Thailand, program AsTW sudah diselenggarakan di berbagai negara berbeda. Selama tiga tahun hingga 2011, AsTW diselenggarakan di Thailand oleh Kyushu University dari Jepang dan Mahidol University dari Thailand. Lalu dua tahun selanjutnya hingga 2014, AsTW diselenggarakan di negara Filipina oleh Kyushu University dan Ateneo de Manila University dari Filipina.

Mulai tahun 2015, AsTW diselenggarakan di negara Vietnam. Pengelolanya kali ini ialah Kyushu University, dan kali ini bersama dengan Vietnam National University di kota Hanoi.

Isi program short course

AsTW berdurasi selama 2 minggu dan biasanya diikuti oleh sekitar 32 universitas di ASEAN. Kurikulumnya terdiri dari ASEAN Studies Courses (ASC) dan Asian Languages & Cultures (ALC), ditambah beberapa program seperti study trip.

Sebagai gambaran, di bidang ASC mahasiswa dapat mengambil salah satu dari ketiga kelas berikut:

  • Current Affairs of ASEAN and East Asia
  • Food and Environmental Issues in Asia
  • Cross-cultural Communication in Asia

Di ALC, mahasiswa akan mengambil salah satu dari ketiga kelas di bawah ini:

  • Bahasa dan kebudayaan Jepang dasar
  • Bahasa dan kebudayaan (negara tuan rumah) dasar
  • Bahasa Inggris

Kegiatan study trip budaya juga menjadi salah satu hal yang menarik dari program. Setiap study trip ditujukan agar mahasiswa bisa meningkatkan kesadaran dan apresiasi mereka terhadap sejarah, budaya, dan kehidupan sosial di negara tuan rumah AsTW.

Untuk menyelesaikan program AsTW, mahasiswa harus mengikuti dua kelas (satu dari ALC dan satu lagi dari ASC) serta berpartisipasi dalam semua kegiatan resmi. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan semua itu akan mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Kyushu University dan mitra universitasnya. Asiknya, nanti semua kredit yang kamu dapatkan dari semua kelas di atas juga dapat ditransfer ke universitas asal.

Baca juga: Astra1st, Program Beasiswa Unggulan dari PT. Astra International Tbk

Program beasiswa short course

Setiap tahunnya Kyushu University memberikan beasiswa sebesar 173.200 yen (sekitar 20 juta rupiah) untuk biaya kuliah, akomodasi, makan pagi dan study trip. Mahasiswa nantinya harus mengeluarkan uang sendiri untuk penerbangan pulang dan pergi, transportasi lokal, dan biaya pribadi (souvenir, cucian, dll).

Walau programnya terbuka bagi mahasiswa S1 dan S2 di seluruh dunia, program beasiswa hanya berlaku bagi mahasiswa di ASEAN. Otomatis, mahasiswa Indonesia juga bisa mendapatkan beasiswa ini, dan tanpa dibatasi oleh jurusan!

Syarat untuk mengikuti program ini juga mudah lho! Berikut dokumen yang harus kamu siapkan:

  • Application Form
  • Transkrip Nilai
  • Surat Rekomendasi dari Universitas
  • Essay
  • Sertifikat nilai TOEFL diatas 530 (masih bisa dipertimbangan apabila tidak mencapai 530)
  • Surat Pernyataan kemampuan bahasa inggris
  • Surat Keterangan Medis

Mudah bukan? Dokumen ini bisa dikirimkan via email lho, jadi tidak perlu repot mengirim via pos.

Tanggal penting: Program AsTW biasanya diadakan sekitar bulan Februari sampai Maret. Pendaftarannya ditutup sekitar bulan Oktober.


Selain AsTW, masih ada program beasiswa menarik lainnya untuk kuliah short course seperti StuNed – Short Course. Agar kamu tidak repot saat ingin mencari dan mengumpulkan info beasiswa, mari bergabung dengan Galedu! Kami memiliki ribuan info beasiswa terbaru untuk berbagai jenjang pendidikan, dan akan memberikan kamu notifikasi saat menemukan info beasiswa yang relevan!

Baca juga: Ini Beasiswa Jepang yang Wajib Kamu Ikuti di Awal 2016
Sumber gambar: Wikimedia