Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Apakah Sobat Galedu penasaran berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk studi di negara-negara yang populer sebagai tujuan destinasi studi pelajar internasional?

Australia merupakan salah satu destinasi studi yang populer bagi pelajar internasional. Buktinya, Australia memiliki jumlah siswa internasional terbanyak ketiga di dunia setelah Inggris dan Amerika Serikat. Selain itu, Australia memiliki reputasi mutu pendidikan yang diakui oleh dunia internasional. Beasiswa pun banyak ditawarkan oleh pemerintah maupun institusi pendidikan.

Sangat penting untuk mengetahui berapa rata-rata biaya hidup di Australia agar kamu dapat merencanakan keuangan studi kamu. Karena itu, kali ini Galedu akan membahas rinci perkiraan biaya hidup untuk mahasiswa di negara Australia.

Biaya Studi

biaya-hidup-di-australia-untuk-mahasiswa-biaya-studi

Biaya kuliah di Australia beragam, tergantung dari biaya pendidikan beragam universitas di Australia. Universitas seperti ANU atau Melbourne University akan relatif lebih mahal daripada universitas lain seperti Southern Cross University atau Charles Sturt University.

Biaya kuliah universitas di Australia juga tergantung dengan jurusan dan bidang studi yang diambil. Pada umumnya, bidang studi seperti kedokteran akan lebih mahal daripada biaya rata-rata jurusan program lainnya seperti manajemen atau sosial politik.

Menurut laporan HSBC, biaya kuliah berdasarkan jumlah rata-rata biaya pendidikan serta biaya hidup di Australia adalah sebesar AU$42.000 atau sekitar Rp428 juta per tahun.

Biaya Akomodasi

Di Australia, jika kamu memilih menetap di hostel atau guesthouse, perkiraan biayanya adalah Rp900.000 hingga Rp1,5 juta per minggu. Jika kamu memilih berbagi kontrakan, perkiraan biaya adalah Rp866.000 hingga Rp2,2 juta tiap minggu tiap orang. Akomodasi dalam kampus biasanya berkisar antara Rp900.000 hingga Rp2,8 juta per minggu.

Jika kamu memilih untuk menyewa homestay, perkiraan biaya adalah Rp2,3 juta hingga Rp3,3 juta per minggu. Jika kamu memilih untuk menyewa kontrakan, perkiraan biaya adalah Rp1,7 juta hingga Rp4,5 juta per minggu. Untuk biaya asrama sekolah diperkirakan mencapai Rp112 juta hingga Rp224 juta per tahun.

biaya-hidup-di-australia-untuk-mahasiswa-biaya-akomodasi

Biaya Lainnya

  • Untuk biaya makan, perkiraan biaya yang dibutuhkan adalah Rp815.000 hingga Rp2,9 juta tiap minggu.
  • Untuk keperluan gas dan listrik, perkiraan biaya adalah Rp357.000 hingga Rp1,4 juta tiap minggu.
  • Untuk biaya telepon dan internet diperkirakan mencapai Rp204.000 hingga Rp561.000 tiap minggu.
  • Untuk biaya transportasi umum, diperkirakan mencapai Rp153.000 hingga Rp.561000 tiap minggu.
  • Untuk biaya hiburan, diperkirakan mencapai Rp815.000 hingga Rp1 juta tiap minggu.

Biaya Hidup Minimum

Department of Immigration and Border Protection Australia memiliki persyaratan keuangan yang harus dipenuhi agar kamu bisa mendapat visa pelajar di Australia. Untuk 12 bulan biaya hidup diperkirakan adalah AU$19.830 atau sekitar Rp202 juta untuk biaya pribadi. Jika memiliki pasangan, biaya minimum tambahan yang ditetapkan adalah AU$6.940 atau sekitar Rp71 juta. Jika memiliki anak, persyaratan biaya minimum tambahan adalah AU$2,970 atau sekitar Rp.30 juta.

Tidak perlu bingung, banyak juga beasiswa yang bisa memberikan tunjangan kuliah, biaya hidup, biaya asuransi, dan biaya lainnya.

Baca Juga: 4 Beasiswa Paling Terkenal di Australia