Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

beasiswa-endeavour

Ada banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintahan Australia untuk pelajar internasional termasuk pelajar Indonesia. Salah satu beasiswa bergengsi yang ditawarkan adalah Beasiswa Endeavour. Kali ini, Galedu akan membagikan beberapa informasi menarik untuk membantu Sobat Galedu agar diterima di program Beasiswa Endeavour ini.

Mengapa Beasiswa?

Banyak orang beralasan ingin menjalani atau melanjutkan kuliah ke luar negeri karena mereka bisa mendapatkan pengalaman belajar dalam suasana akademis yang berbeda, memperluas ilmu pengetahuan, dan merasakan hidup dalam konteks budaya lain di negeri orang.

Bagi yang mampu membiayai pendidikan ke luar negeri dengan kantong sendiri, bersyukurlah. Tetapi, bagi yang belum mampu, beasiswa mungkin menjadi salah satu jalan keluar terbaik. Beasiswa merupakan kesempatan bagi kita yang ingin kuliah ke luar negeri, tanpa mengeluarkan uang atau menghemat uang yang keluar dari kantong kita sendiri.

Beasiswa juga menjadi suatu ukuran bahwa kita telah mampu bersaing dengan pelajar internasional dan telah siap bersaing di dunia global. Ketika kita menjadi penerima beasiswa, salah satunya penerima beasiswa Endeavour, akan lebih mudah untuk kita diterima di sebuah perusahaan karena kita telah melewati fase seleksi beasiswa bergengsi sehingga kualitas kita sudah terjamin.

Baca juga: Beasiswa Endeavour untuk Kuliah Gratis ke Australia Telah Dibuka!

Strategi Sebelum Mendaftar Beasiswa Endeavour

Sebelum Sobat Galedu terburu-buru mendaftarkan diri untuk mengikuti semua pembukaan beasiswa kuliah ke luar negeri, ada beberapa hal sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu oleh Sobat Galedu. Persiapan perlu dilakukan agar Sobat Galedu siap dalam proses seleksi beasiswa nanti, baik secara mental maupun teknis.

Ketahui Apa yang Kamu Inginkan

Sebelum memulai langkah apapun, tanyakan kembali kepada diri kita dan pikirkan, sebenarnya apakah yang ingin kita capai? Tentunya ini lebih dari sekedar mendapatkan gelar atau ijazah internasional semata, namun juga hal-hal lain terkait soft skill. Penting untuk mengetahui apakah peminatan studi yang kita pilih sudah tepat dan sesuai dengan karakter dan kepribadian kita atau belum.

Sobat Galedu juga harus mempertimbangan fokus peminatan studi dan bagaimana jenjang karir kedepannya. Bagi yang sudah memiliki pekerjaan atau posisi tetap di kantornya mungkin hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan. Tetapi, baik mereka yang sudah memiliki pekerjaan tetap maupun tidak, ada baiknya kita semua menentukan arah studi dan keterkaitannya dengan karir seperti apa yang akan diambil nanti.

Ada banyak peminatan studi yang ditawarkan oleh beasiswa Endeavour. Fokus adalah kunci dari semua tahapan persiapan beasiswa selanjutnya, jadi pastikan konsisten dengan pilihan kita. Temukan satu atau dua isu yang dapat dijadikan minat utama kita, dan jadikan hal tersebut sebagai pegangan kita dalam mencari beasiswa.

Contoh: Selama ini kita memiliki minat pada isu kesejahteraan masyarakat. Jadikan tema utama yaitu kesejahteraan masyarakat sebagai benang merah untuk minat dan karir kita, juga sebagai pedoman dalam memilih bidang studi dan beasiswa yang ingin kita raih nantinya.

Baca juga: Ini Cara Berikan Kesan Pertama yang Baik saat Pendaftaran Beasiswa

Karakter Beasiswa Endeavour

Mengetahui karakter beasiswa bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan waktu untuk mempelajari berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah, universitas, maupun oleh perusahaan. Namun, bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting, karena ketika kita telah mengetahui karakter beasiswa, kita dapat memilih beasiswa yang cocok dengan kapabilitas dan karakter kita sendiri.

Ada banyak jenis beasiswa Endeavour, pertama-tama, coba bandingkan karakter beasiswa yang ditawarkan. Apa saja yang harus dibandingkan? Carilah apa saja yang termasuk dalam pembiayaan beasiswa tersebut, apa saja persyaratan yang diminta oleh masing-masing beasiswa, serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk setiap beasiswa.

Informasi seperti ini bisa didapatkan melalui website resmi institusi pemberi beasiswa, forum-forum diskusi internet antara para pencari dan alumni penerima beasiswa, serta melalui pengamatan berita perkembangan perpolitikan luar negeri negara-negara asal institusi pemberi beasiswa tersebut.

Sekian informasi yang bisa Galedu berikan, semoga bermanfaat!