Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

program-google-magang-di-jepang

Apakah Sobat Galedu pernah bermimpi untuk kuliah di Jepang? Atau bahkan bekerja di Jepang? Nah selain beasiswa untuk kuliah di Jepang, pemerintahan Jepang dan beberapa perusahaan serta institusi non-profit di Jepang juga menawarkan sejumlah program magang di Jepang.

Salah satu perusahaan global ternama yang menawarkan kesempatan ini adalah Google. Yup, perusahaan multinasional ternama ini menawarkan program magang berbayar di Jepang. Artinya, dalam menjalani program magang ini, Sobat Galedu akan diberikan sejumlah insentif dan tunjangan untuk kebutuhan hidup di Jepang. Program ini bernama Business Intern 2016.

Program magang ini ditujukan kepada mahasiswa internasional, termasuk mahasiswa Indonesia, yang sedang menempuh pendidikan di jenjang pendidikan S1, S2, dan S3. Durasi program magang ini yaitu selama 8-12 minggu yang berlokasi di Tokyo, Jepang. Peserta program magang diharapkan dapat mengikuti program ini diantara bulan Mei sampai dengan bulan Oktober 2016.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis dari Asian Development Bank-Japan Scholarship Programme (ADB-JSP)

Persyaratan Program Magang di Jepang

  • Dapat mengikuti program selama minimal 8 minggu di Tokyo pada bulan May sampai dengan Oktober 2016.
  • Diharuskan sedang menempuh pendidikan gelar Sarjana, Magister, atau Doktoral di berbagai jurusan dan tetap mempertahankan status kemahasiswaan sampai akhir periode magang selesai. Prioritas penerima program magang jatuh kepada mahasiswa yang akan lulus pada bulan April 2017 sampai dengam Maret 2018.
  • Merupakan mahasiswa full-time atau penuh waktu.
  • Mempunyai kemampuan berbahasa Jepang dan Inggris pada level komunikasi bisnis.

Kualifikasi Peserta Program Magang di Jepang

  • Mempunyai kemampuan penyelesaian masalah dan kemampuan analisis yang baik, dengan kemampuan untuk melihat isu baik secara detil atau gambaran luas.
  • Toleransi terhadap ambiguitas dan mampu bekerja dengan cepat, lingkungan yang terus berkembang.
  • Proaktif, pekerja mandiri dengan kapasitas untuk memimpin, memotivasi, dan bekerja dengan baik.
  • Memiliki ketertarikan kuat terhadap Internet dan teknologi dan bisnis Google.

Proses Pengajuan Aplikasi Program Magang di Jepang

  • Mengisi formulir aplikasi disini.
  • Setelah tim Google meninjau formulir aplikasi, tim Google akan menghubungi pendaftar untuk tahapan selanjutnya.

Deadline aplikasi program magang ini adalah pada tanggal 11 July 2016 pada pukul 11.59pm JST.

Baca juga: Indonesia-China Youth Exhange Program (ICHIYEP) 2016
 

Ada banyak keuntungan yang bisa Sobat Galedu dapatkan jika mengikuti program magang di Jepang, beberapa keuntungan tersebut adalah:

1. Ilmu

Sobat Galedu akan mendapatkan banyak sekali ilmu jika mengikuti program magang di Jepang, yaitu terutama Bahasa Jepang itu sendiri. Bahasa Jepang sangat berguna apabila Sobat Galedu pulang ke Indonesia nanti. Banyak perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia yang memberikan gaji tinggi bagi karyawan yang bisa berbahasa Jepang, selain itu Sobat Galedu juga bisa menjadi guru bahasa Jepang.

2. Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Tangguh

Akan ada banyak pengalaman yang didapatkan selama mengikuti program magang di Jepang, terutama mengenai etos kerja, kebiasaan disiplin dan budaya, serta sistem kerja yang lebih praktis dan canggih. Sehingga, pengalaman tersebut bisa Sobat Galedu terapkan di Indonesia. Diharapkan paling tidak dengan pengalaman tersebut, Sobat Galedu dapat melihat cara kerja dan etos kerja di negara maju sehingga Sobat Galedu dapat mempunyai pandangan untuk maju.

3. Mendapatkan Sertifikat JITCO

Banyak program magang di Jepang yang menawarkan sertifikat JITCO. Sertifikat ini bisa disetarakan dengan D3 sastra Jepang, tentunya setelah setarakan di universitas di Indonesia. Jadi selama mengikuti program magang, tanpa disadari Sobat Galedu telah belajar bahasa dan budaya sama seperti kuliah.

4. Jaminan Kerja Setelah Pulang

Ada sekitar ratusan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia yang siap menerima dan menempatkan Sobat Galedu setelah selesai dari program magang di Jepang. Menjelang kepulangan ke tanah air, ada kemungkinan Sobat Galedu akan dipanggil untuk wawancara oleh masing-masing perusahaan. Dan dengan kemampuan dan pengalaman yang Sobat Galedu miliki, Sobat Galedu bisa memilih ke perusahaan mana yang ingin dimasuki.

Baca juga: Citiasia Oracle Scholarship Tawarkan Training dan Sertifikasi Oracle Gratis!

5. Asuransi

Program magang di Jepang biasanya memberikan asuransi bagi pesertanya. Asuransi tersebut akan cair setelah Sobat Galedu pulang ke Indonesia.

6. Modal

Rata-rata uang saku yang diperoleh oleh para peserta program magang di Jepang antara ¥80.000 sampai dengan ¥100.000 atau sekitar 10-13 juta rupiah per bulan. Ditambah uang lemburan dan bonus tambahan dari perusahaan jika Sobat Galedu bekerja dengan baik. Dengan jumlah uang yang bisa didapatkan tersebut, Sobat Galedu dapat menyimpannya sebagai modal usaha di Indonesia ketika pulang nantinya.

Dari beberapa keuntungan tersebut di atas sudah bisa di prediksi jaminan masa depan para peserta magang Jepang yang cerah setelah pulang nanti.