Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Sobat Galedu sedang berencana melanjutkan studi di Taiwan, atau sedang bimbang mau melanjutkan studi kemana? Kali ini kami akan membantumu dengan menjelaskan beberapa hal penting yang perlu diketahui ketika berkuliah di Taiwan.

Mengapa Taiwan

Taiwan sebenarnya membuka diri untuk mahasiswa internasional sejak 15 tahun yang lalu. Namun mungkin baru empat sampai lima tahun terakhir internasionalisasi ini berkembang dengan pesat.

Jumlah mahasiswa internasional di Taiwan berada di kisaran lebih dari 40 ribu orang. Dari jumlah itu, sebagian besar mengambil pendidikan bahasa Mandarin (degree ataupun non-degree), dan sisanya di jurusan lain-lain.

Tahukah kamu bahwa pendidikan bahasa Mandarin sangat terkenal di Taiwan? Yup, kalau kamu berencana untuk belajar bahasa nomor satu di dunia atau bahasa Mandarin, Taiwan merupakan negara yang patut kamu pertimbangkan. Pendidikan bahasa Mandarin di Taiwan mendapat banyak peminat dan memiliki kompetensi tinggi karena Taiwan menggunakan traditional Chinese, berbeda dengan pendidikan bahasa Mandarin di mainland China yang menggunakan simplified Chinese.

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan 1

Selain itu, negara ini juga dikenal dengan kekuatan di bidang teknologi dan engineering, terutama yang berkaitan dengan semikonduktor. Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) – produsen semikonduktor terbesar di dunia, Asus, HTC, dan AU Optronics (AUO) – produsen TFT-LCD; semuanya ada di Taiwan.

Dengan keunggulan di bidang teknologi ini, jurusan-jurusan yang berkaitan dengan itu, misalnya teknik kimia, teknik material, computer science, electronic engineering menjadi jurusan yang diandalkan banyak universitas. Selain itu, Taiwan juga dikenal dengan teknik sipilnya yang ‘mature’ (di Taiwan disebut dengan ‘construction engineering’ dan bukan ‘civil engineering’).

Taipei 101 adalah salah satu contoh nyata perkembangan konstruksi Taiwan, karenanya banyak juga mahasiswa asing yang mendaftar di jurusan ini. Tentunya, selain jurusan-jurusan di atas, masih banyak jurusan lain yang diunggulkan untuk mahasiswa asing, misalnya management dan international affairs.

Di bidang pendidikan, negara ini juga sangat terkenal dengan atmosfer riset atau penelitian. Sistem kuliah di Taiwan untuk S2 dan S3 adalah gabungan course dan research. Mahasiswa harus menyelesaikan sejumlah kredit (SKS) di tahun pertama dan selanjutnya mengerjakan riset.

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan 2

Program internasional kebanyakan ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana, sehingga kemampuan berbahasa Mandarin sangat diperlukan jika ingin mengambil studi S1.

Program internasional juga tidak seluruhnya menawarkan kredit berbahasa Inggris. Beberapa mata kuliah masih tetap ditawarkan dalam bahasa Mandarin. Profesor-profesor biasanya memiliki ‘buddies’ yang memiliki bidang riset atau keahlian yang sama dan mereka sering bertukar pikiran, meskipun berbeda universitas.

Hal ini membuat cross-university research menjadi sesuatu yang normal di negara ini. Tidak cuma itu, kemudahan menggunakan fasilitas atau berkonsultasi dengan profesor di universitas lain juga adalah salah satu pemicu tingginya tingkat penelitian (dan juga publikasi ilmiah) di Taiwan.

Untuk lama studi, pada umumnya durasi studi di Taiwan hampir sama dengan di Indonesia. S1 berlangsung sekitar empat tahun. S2 dua tahun, dan S3 tiga sampai tujuh tahun. Fast track S1-S2 memakan waktu lima tahun, sedangkan fast track S2-S3 empat tahun. Mahasiswa S1 juga dapat langsung melanjutkan ke jenjang S3 di universitas yang sama (tanpa S2) dengan proses seleksi tertentu.

Beasiswa di Taiwan

Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Taiwan, tak perlu khawatir! Ada sejumlah beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan untuk pelajar internasional. Simak, yuk!

1. Taiwan Scholarship Program (MOE)

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan kampus

Beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang paling terkenal di Taiwan. Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan (MOE) akan memberi bantuan dana beasiswa pendidikan serta tunjangan hidup melalui Taiwan Scholarship Program. Pemerintah Taiwan ingin mendorong mahasiswa berprestasi untuk meneruskan jenjang pendidikan di Taiwan. Melalui program ini juga, kamu bisa punya kesempatan untuk melanjutkan studi S1, S2, atau S3 di universitas-universitas terkemuka di Taiwan.

Dalam program ini Pemerintah Taiwan memberikan tunjangan hidup per bulan sejumlah NT$15.000 atau setara dengan Rp6,4 juta per bulan untuk jenjang S1. Sedangkan untuk jenjang S2 dan S3 kurang lebih NT$20.000 atau sekitar Rp8,6 juta per bulan. Selain tunjangan hidup, Pemerintah Taiwan juga menanggung biaya kuliah dan biaya akademik lainnya sebesar NT$40.000 atau sekitar Rp17,2 juta per semester.

Pendaftaran beasiswa ini telah dibuka pada tanggal 1 Februari 2017. Deadline pendaftaran aplikasi adalah pada 31 Maret 2017. Pengumuman beasiswa ini adalah pada tanggal 31 Mei 2017.

Penasaran? Baca lebih lanjut di artikel lengkapnya di sini.

2. Huayu Enrichment Scholarship (HES)

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan lingkungan kampus

Bagi Sobat Galedu yang ingin mengambil studi bahasa Mandarin, Taiwan menawarkan program beasiswa yang bisa mewujudkan mimpi kamu! Huayu Enrichment Scholarship (HES) adalah program beasiswa dari Kementerian Pendidikan Taiwan yang bisa mendanai biaya studi kamu di Taiwan.

Huayu Enrichment Scholarship (HES) merupakan program yang bertujuan untuk mendorong pelajar internasional (kecuali China, Hong kong, dan Macau) untuk mengambil kursus Bahasa Mandarin di Taiwan. Program ini juga dibuat dalam rangka menyediakan kesempatan bagi mereka untuk lebih memahami budaya dan masyarakat Taiwan dan untuk mempromosikan interaksi dan pemahaman bersama antara Taiwan dan masyarakat internasional.

Dalam program ini, kamu akan diberikan tunjangan sebesar NT$25.000 atau setara dengan Rp10,7 juta setiap bulannya.

Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya pada tanggal 1 Februari dengan deadline aplikasi pada tanggal 31 Maret. Pengumuman penerima beasiswa adalah sebelum 31 Mei 2017.

Penasaran? Baca lebih lanjut di artikel mengenai Huayu Enrichment Scholarship (HES) di sini.

3. MOST Taiwan Scholarship

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan museum

Beasiswa ini ditawarkan oleh Ministry of Science and Technology (MOST) dan dikenal dengan nama MOST Taiwan Scholarship. Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa internasional yang berprestasi untuk mengambil program S2 dan S3 di Taiwan.

Program beasiswa ini akan memberikan tunjangan senilai NT$30.000 per bulan atau sekitar Rp13 juta per bulan.

Beasiswa MOST Taiwan Scholarship ini dibuka setiap tanggal 1 Februari setiap tahunnya dengan deadline aplikasi 31 Maret setiap tahunnya. Pengumuman penerima beasiswa akan dilakukan paling lambat 31 Mei setiap tahunnya.

Penasaran? Baca lebih lanjut mengenai beasiswa MOST Taiwan Scholarship di sini.

4. Higher Education Scholarship Program (ICDF)

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan rak buku

Pemerintah Taiwan melalui International Cooperation and Development Find (ICDF) menyelenggarakan program beasiswa yang dikenal dengan Higher Education Scholarship Program. Taiwan ICDF menyediakan beasiswa untuk pendidikan tinggi S2 dan S3 melalui kerja sama dengan universitas-universitas mitra di Taiwan.

Program beasiswa ini menanggung tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Taiwan kelas ekonomi dengan jalur langsung. Selain itu, seluruh biaya kuliah ditanggung penuh, akomodasi, biaya asuransi , serta biaya buku-buku yang diperlukan.

Selain itu, kamu juga akan diberikan tunjangan hidup per bulan. Untuk mahasiswa S2, tunjangan yang diberikan adalah sebesar NT$15.000 per bulan atau sekitar Rp6,5 juta tiap bulan. Untuk mahasiswa S3, tunjangan yang diberikan adalah sebesar NT$17.000 per bulan atau sekitar Rp7,4 juta tiap bulan.

Pendaftaran biasanya dibuka pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya dan ditutup setiap tanggal 17 Maret dan diumumkan paling lambat pada 30 Juni setiap tahunnya.

Penasaran? Baca lebih informasi lebih lanjut di sini!

5. Beasiswa Lainnya

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan perpustakaan

Selain beasiswa di atas, terdapat beasiswa lain yang bisa kamu coba!

Scholarship for Degree Studies (S1, S2, S3)

  • MOFA Taiwan Scholarship

    Beasiswa ini ditawarkan untuk jenjang studi S1 selama maksimal 4 tahun, jenjang studi S2 maksimal 2 tahun, dan jenjang studi S3 maksimal 4 tahun, serta program kursus bahasa Mandarin maksimal 1 tahun. Jumlah dana yang ditawarkan adalah NT$ 30.000 per bulan atau sekitar Rp13 juta per bulan. Selain itu, tiket pesawat PP kelas ekonomi juga akan ditanggung penuh.

  • Academia Sinica Taiwan International Graduate Program

    Beasiswa ini ditawarkan untuk program studi S3 selama maksimal 3 tahun. Jumlah dana yang ditawarkan adalah NT$ 32.000 per bulan atau sekitar Rp14 juta per bulan. Penerima beasiswa harus terdaftar dalam salah satu bidang khusus pada program S3 dan sedang melaksanakan riset berkerja sama dengan universitas Taiwan. Bidang khusus meliputi: sains, matematika, dan sistem ilmu bumi.

Fellowship for Research

  • MOFA Taiwan Fellowship

    Fellowship ini berdurasi minimal tiga bulan dan maksimal satu tahun. Jumlah dana yang diberikan adalah NT$ 60.000 per bulan atau sekitar Rp26,2 juta per bulan bagi profesor, asisten profesor, peneliti, atau asisten peneliti. NT$ 50.000 atau sekitar Rp21,8 juta bagi asisten peneliti, asisten profesor, kandidat doktor, peneliti post-doctoral, mahasiswa program kedokteran, dan lain-lain.

    Selain itu, tiket pesawat PP kelas ekonomi juga ditanggung penuh. Bidang ilmu untuk fellowship ini adalah ilmu sosial yang berkaitan dengan Taiwan atau aspek lain dari ilmu kebudayaan China.

  • MOE Short Term Research Award

    Fellowship ini berdurasi minimal 2 bulan dan maksimal 6 bulan. Jumlah dana yang ditawarkan adalah NT$ 25.000 per bulan atau sekitar Rp11 juta per bulan bagi jenjang S3 dan NT$ 40.000 per bulan atau sekitar Rp17,4 juta per bulan bagi post-doctoral.

    Selain itu, tiket pesawat PP kelas ekonomi juga ditanggung penuh. Bidang ilmu untuk fellowship ini adalah budaya Taiwan, ilmu sosial, atau bidang penelitian lain yang terkait.

Biaya Hidup di Taiwan

Nah, sekarang Galedu akan membahas mengenai perkiraa biaya hidup di Taiwan supaya kamu ada gambaran dan visualisasi mengenai biaya hidup di negara ini. Pada umumnya, biaya hidup di Taiwan bervariasi bergantung gaya hidup dan kota tempat tinggal. Yuk, simak!

Tempat tinggal

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan tempat tinggal

Seperti kampus di tempat lain, sebagian besar universitas di Taiwan menyediakan asrama untuk mahasiswanya. Keuntungan terbesar tinggal di asrama adalah efisiensi pengeluaran, rata-rata biaya tinggal di asrama adalah NT$5.000-9.000 atau sekitar Rp2 juta sampai Rp4 juta per semesternya (setiap empat bulan).

Bentuk asrama di Taiwan bervariasi, ada yang satu kamar diisi dua sampai lima orang, tergantung kebijakan masing-masing universitas. Selain dari segi efisiensi biaya, keuntungan tinggal di asrama adalah kesempatan bersosialisasi dengan mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional yang datang dari beragam tempat di dunia, ditambah lagi dengan fasilitas seperti internet, mesin cuci, kamar mandi, dan vending machine yang bisa ditemukan di asrama.

Namun, jika kamu memilih tinggal di kos, kisaran harganya adalah sekitar NT$4000-8000 per bulan atau sekitar Rp1,7 juta hingga Rp3,5 juta per bulan. Selain kos, kamu juga bisa mencoba untuk tinggal di apartemen.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara kos dan apartemen. Yang membedakan hanyalah jenis tempat tinggal. Jika kos hanya menempati kamar, maka di apartemen kita diharuskan menyewa satu rumah yang terdiri dari beberapa kamar dengan harga termurah dari NT$20.000 per bulan atau sekitar Rp8,7 juta per bulan.

Biasanya mahasiswa Indonesia yang tinggal di Taiwan dan akan menempati apartemen akan sharing cost dengan rekan-rekannya yang tertarik untuk menempati rumah yang sama. Tapi harus diingat, tinggal di apartemen akan berbeda dengan tinggal di asrama, karena kamu juga harus membayar tagihan internet, listrik, air, gas, dan sampah setiap bulannya.

Makanan

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan makanan

Jika kamu hobi masak, kamu bisa menekan biaya hidup dengan signifikan. Namun jika kamu tinggal di asrama, kemungkinan bisa memasak sangatlah kecil karena hampir sebagian besar asrama di kampus tidak mengizinkan untuk memasak di dalam asrama.

Namun jangan khawatir, ada banyak toko makanan di Taiwan yang ramah dengan kantong mahasiswa. Jika kamu seorang muslim, ada alternatif untuk mendapatkan makanan halal yaitu di warung vegetarian. Selain sehat, harga menu vegetarian relatif sangat murah, dengan harga NT$30-70atau sekitar Rp13.000 hingga Rp30.000 per porsi.

Kalau kamu rindu dengan masakan khas Indonesia, jangan khawatir, ada banyak toko Indonesia seantero Taiwan. Selain menjual beragam produk seperti mie instan, bumbu masakan, cemilan, dan produk sehari-hari, kamu juga bisa menikmati menu makanan khas nusantara seperti nasi goreng, sate, mie ayam, dan bakso dengan harga sekitar NT$70-150 atau sekitar Rp30.000 hingga Rp65.000 per porsi.

Pada umumnya, harga makanan di kampus biasanya di bawah NT$ 100 atau sekitar Rp43.000 per porsi, sedangkan di luar kampus rata-rata NT$ 200 atau sekitar Rp87.000 per porsi.

Transportasi

Informasi kuliah biaya hidup beasiswa di taiwan transportasi

Sistem transportasi di Taiwan saat ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Asia. Ada beragam transportasi umum yang dapat kamu nikmati di sini, seperti sepeda umum, bus kota, dan MRT.

Sepeda umum bisa ditemui di kota-kota besar seperti Taipei, Taichung, dan Kaohsiung. Kamu bisa menggunakan sepeda umum untuk mobilitas. Tarif yang dikenakan dihitung sejak 60 menit pertama, yaitu NT$5 atau sekitar Rp2.000 di kota Taipei, dan gratis di kota Kaohsiung.

Selain sepeda umum, kamu juga bisa mencoba bus kota. Dengan ongkos yang variatif dari NT$5-15 atau sekitar Rp2.000 hingga Rp6.500 setiap satu kali naik untuk perjalanan ke manapun.

Lalu ada juga MRT yang bisa ditemui di dua kota, yaitu Taipei dan Kaohsiung. Berbeda dengan bus kota, sistem penghitungan ongkos MRT adalah setiap stasiun yang dilalui, dengan tarif dimulai dari NT$20 atau sekitar Rp8.700, kamu bisa menikmati moda transportasi umum yang nyaman dan aman ini.

Tips untuk menggunakan transportasi umum di Taiwan: selalu bawa kartu mahasiswa ke manapun pembaca pergi untuk mendapatkan potongan harga tiket.