Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

pertukaran pelajar sma amerika kennedy lugar yes

Kabar gembira untuk Sobat Galedu yang masih duduk di bangku SMA. Ada sebuah program pertukaran pelajar yang ditujukan kepada siswa SMA Indonesia untuk bersekolah di Amerika Serikat, program ini bernama The Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES) Program

YES Exchange Program didirikan pada tahun 2002 yang memberikan kepada siswa sekolah menengah atas (SMA) yang berasal dari negara-negara muslim, termasuk Indonesia. Program ini mendukung siswa SMA untuk menempuh pendidikan selama 1 tahun di Amerika Serikat. Siswa yang mengikuti program YES ini akan tinggal dengan rumah keluarga (host families) di Amerika Serikat, bersekolah di SMA Amerika, mengikuti aktivitas untuk mengetahui tentang negara Amerika, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan membantu mengenalkan kebudayaan negara asal kepada warga negara Amerika.

Di tahun 2007, program YES juga memberikan kesempatan kepada siswa Amerika Serikat untuk melakukan hal serupa di negara yang bekerjasama dalam program YES, seperti Indonesia. Yayasan Bina Antarbudaya, didukung oleh kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, menjadi fasilitator untuk program pertukaran pelajar ini.

Keuntungan program pertukaran pelajar SMA

Sekolah gratis selama 1 tahun di Amerika Serikat!

Tentunya jika mengikuti program ini, Sobat Galedu berkesempatan untuk bersekolah di Amerika Serikat (AS). Pengalaman ini tentunya merupakan pengalaman yang sangat berharga bukan? Kamu dapat merasakan bagaimana bersekolah di negara besar seperti Amerika.

Kesempatan belajar budaya Amerika dan mengenalkan budaya Indonesia

Selama bersekolah di Amerika, Sobat Galedu akan belajar mengenai budaya Amerika sehingga mempunyai pengetahuan akan budaya setempat. Selain itu, kamu juga bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat. Dengan ini, itu artinya Sobat Galedu sudah berkontribusi dalam membina hubungan antara negara Indonesia dan negara lainnya.

Aktivitas kepemimpinan

Selain itu, seiring proses belajar di Amerika, kamu juga akan dibekali dengan aktivitas kepemimpinan yang tentunya bisa menambah kemampuan softskill lho! Aktivitas ini tentunya dirancang secara khusus oleh penyelenggara program YES yang berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: Info Lengkap Fulbright Scholarship, Beasiswa S2 dan S3 Gratis ke Amerika!

Persyaratan

  • Pelajar SMA di Indonesia, tingkat 10 (SMA/SMK/MA?sederajat kelas1)
  • Usia 15-17 tahun
  • Warga Negara Indonesia (tidak memiliki paspor AS, tidak lahir di AS, salah satu orang tua bukan berkebangsaan AS)
  • Mendapat persetujuan dari orang tua dan sekolah
  • Sehat fisik, mental dan spiritual (program YES memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki keterbatasan fisik/ difabel)
  • Ikut serta dan lulus pada serangkaian tahap seleksi yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.

Tahapan pendaftaran

  • Mengisi formulir
  • Melengkapi berkas
  • Seleksi 1: tes pengetahuan umum, tes Bahasa Inggris, essay Bahasa Indonesia
  • Seleksi 2: wawancara kepribadian Bahasa Indonesia, wawancara Bahasa Inggris.
  • Seleksi 3: dinamika kelompok

Deadline pendaftaran: Pendaftaran program ini dibuka sekitar tanggal 1 Maret sampai 15 April setiap tahunnya.

Kontak:
Bina Antarbudaya
The Indonesian Foundation for Intercultural Learning
Jl. Limau No. 22, Kebayoran Baru, Jakarta 12130
Phone : +6221 7222291, +6221 7235832, Fax : +6221 7267118
Website : www.bina-antarbudaya.or.id
Twitter : www.twitter.com/binabud
Facebook : www.facebook.com/BinaAntarbudaya

Bagi kamu sobat Galedu yang duduk dibangku SMA, yuk segera mendaftar!


Selain YES Exchange Program, ada juga beasiswa SMA luar negeri seperti ASEAN Scholarships for Indonesia (Singapura). Bila kamu ingin mencari info beasiswa luar negeri lainnya, tidak perlu repot! Langsung daftar saja Galedu!

Kami akan mengumpulkan ribuan info beasiswa dalam dan luar negeri untuk pelajar Indonesia. Kamu tidak akan repot mencari infonya, semuanya dapat ditemukan berdasarkan kategori seperti jenjang pendidikan dan lokasi.