Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPD) setiap tahun selalu ditunggu-tunggu para pemburu beasiswa. Hal ini karena beasiswa ini memberikan banyak keuntungan bagi para penerimanya. Beasiswa ini menjamin biaya pendidikan dan pendukung selama masa studi mahasiswa, tidak hanya itu, ada banyak keuntungan lainnya yang bisa Sobat Galedu dapatkan dengan program beasiswa ini.

Keuntungan Beasiswa LPDP

  1. Beasiswa ini terbuka bagi siapa saja, tidak harus PNS, tidak harus dosen, tidak harus punya pengalaman kerja. bahkan termasuk kamu yang masih menganggur belum bekerja selama sudah menyelesaikan pendidikan S1.
  2. Beasiswa berlaku di seluruh tempat di Indonesia. Di manapun tempat tinggalmu sekarang, selama masih di Indonesia, kamu bisa mengikuti beasiswa ini. Selain itu beasiswa ini dibuka sepanjang tahun, jika kamu lolos administrasi maka akan diproses di seleksi wawancara terdekat dan jika kamu belum berhasil kamu masih bisa mencoba lagi, mencoba lagi, mencoba lagi kapan saja sambil memperbaiki kekurangan kamu.
  3. Beasiswa ini membayar berapapun besar SPP sekolah kamu! Bahkan beasiswa ini telah membuktikan diri membayarkan biaya SPP seorang penerima beasiswa yang memilih bersekolah di Naval Academy USA yang mewajibkan pembayaran SPP 100 persen dibayar di muka hingga lebih dari Rp 3 milyar.
  4. Beasiswa ini menjamin pembayaran SPP (langsung di bayar ke universitas) dan pengiriman biaya hidup (langsung ke rekening penerima beasiswa) dengan besar sesuai dengan apapun kondisi standar hidup di negara bersangkutan!

manfaat-dan-tips-mendapatkan-beasiswa-lpdp-featured

Ternyata keuntungan beasiswa LPDP tidak hanya dirasakan selama menjadi penerima beasiswa tersebut, namun alumni penerima beasiswa LPDP yang sudah menyelesaikan pendidikannya juga masih merasakan keuntungannya. Apasaja sih keuntungannya?

  1. Beasiswa Lanjutan, bagi penerima beasiswa untuk program magister di LPDP dapat melanjutkan pendidikan ke S3 dengan mendapatkan beasiswa tanpa perlu mengikuti seleksi lagi.
  2. Hak Prioritas Penerima Program Hibah Buku, yaitu beberapa universitas memiliki program hibah buku yang di mana bagi penerima program beasiswa LPDP, ia akan mendapatkan hak prioritas untuk program ini.
  3. Memiliki Hak Prioritas Penerima Program Hibah Penelitian, bagi penerima beasiswa LPDP ia akan di prioritaskan untuk menerima program hibah penelitan di universitas tempatnya menempuh pendidikan.
  4. Memiliki Hak Prioritas Penerima Program Pendanaan Seminar/Training Nasional atau Internasional. Bagi penerima program beasiswa LPDP ia akan diprioritaskan untuk mendapatkan program seminar/training nasional atau internasional secara gratis.
  5. Jaringan Alumni. Program beasiswa LPDP mempunyai jaringan alumni atau organisasi ikatan alumni penerima beasiswa LPDP yang dikelola oleh Mata Garuda. Jaringan ini memungkinkan kamu untuk mempunyai hubungan dengan orang-orang hebat di seluruh Indonesia.

Tips Mengikut Beasiswa LPDP

Menarik bukan keuntungan yang didapatkan dari program beasiswa LPDP? Lalu bagaimana tips mendapatkan beasiswa ini?

Ada dua tahapan proses seleksi, yaitu tahap I seleksi administrasi dan tahap II on the spot essay writing, seleksi wawancara, dan LGD (Leaderless Grup Discussion). Selanjutnya, ada pre-departure atau sering disebut Program Kepemimpinan (PK) yang wajib diikuti setelah dinyatakan lolos seleksi tahap I dan II.

Berikut Galedu akan memberikan informasi mengenai proses seleksi dan cara melewatinya.

manfaat-dan-tips-mendapatkan-beasiswa-lpdp-5

Seleksi Tahap I

Seleksi Tahap 1 merupakan seleksi administratif yang berupa dokumen-dokumen yang harus dikumpulkan jika ingin melamar dalam program beasiswa ini, sebelumnya Galedu juga sudah pernah mengulas tentang syarat lengkap beasiswa LPDP yang harus kamu perhatikan.

Yang harus diperhatikan adalah dokumen-dokumen pendukung tersebut harus dibuat secara detail dan terstruktur dengan baik sehingga tim penyeleksi dapat dengan mudah memeriksa dokumen tersebut. Selain itu, dokumen-dokumen tersebut harus bisa dibuktikan kebenarannya dan kepemilikannya.

Bagi yang lolos seleksi administrasi akan ada pemberitahuan resmi lewat email dari LPDP. Begitupun untuk informasi tahap selanjutnya pemberitahuan resmi akan dilakukan lewat email. Untuk itu setelah mengirimkan dokumen, Sobat Galedu harus sering membuka email ya. Jika aktivitas emailmu padat, buatlah email baru khusus untuk LPDP, karena jika lolos seleksi, email tersebut akan terus digunakan sebagai sarana komunikasi dengan LPDP dan seluruh penerima beasiswa.

Sebaiknya gunakan account Gmail, karena fitur individual email dan grupnya lebih nyaman. Gmail juga dapat menyaring secara otomatis antara individual email, mailing list, social network, ataupun promo. Jadi email yang tidak penting akan terpilah otomatis.

manfaat-dan-tips-mendapatkan-beasiswa-lpdp-1

Seleksi Tahap II

Saat tes masing-masing peserta diberikan dua artikel mengenai isu terkini di Indonesia, kemudian diminta menjawab pertanyaan yang ada di bagian bawah artikel tersebut dalam bentuk essay. Yang membuat test essay ini istimewa adalah waktu yang diberikan untuk mengerjakan essay tersebut. Hanya 15 menit untuk membaca satu artikel sekaligus membuat essay, padahal artikelnya umumnya cukup panjang.

Selesai dengan essay untuk artikel pertama, peserta diberikan artikel kedua dan harus menyelesaikannya juga hanya dalam waktu 15 menit. Saat itu artikel yang diberikan mengenai sistem pendidikan di Indonesia dan tentang system presidensial di Indonesia. Untuk itu ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan cara banyak membaca berita-berita terbaru jika masuk ke seleksi tahap II ini.

Selanjutnya adalah wawancara. Untuk persiapan wawancara kamu dapat membuat daftar pertanyaan dari studi plan, yang diprediksi akan ditanyakan penguji. Pastikan jadwal wawancaramu dengan benar dan meskipun mendapatkan jadwal siang atau sore, sebaiknya kamu sudah menyiapkan diri sejak pagi karena pengalaman biasannya pemberitahuan panitia selalu mendadak. Selain itu pastikan tampil percaya diri dengan aksesoris ataupun pakaian yang kita pakai, ini membantu kita lebih nyaman.

Tips wawancara yang paling utama adalah jangan gugup. Saat masuk ruangan, jabat tangan pewawancara satu per satu secara urut. Buatlah mereka tertarik denganmu, saat berbicara dengan penguji jangan menunduk, tataplah mereka. Saat duduk, posisikan diri serileks mungkin, tidak tegang namun tidak terlalu berlebihan dalam bergerak juga. Wawancara biasanya berlangsung dalam waktu 30-45 menit.

Masing-masing pewawancara punya pertanyaan khusus. Ada yang fokus bertanya tentang kehidupan pribadi, studi, dan pertanyaan umum. Pertanyaan pribadi ini diajukan oleh psikolog. Mereka bertugas untuk menggali potensi-potensi kepemimpinan calon penerima beasiswa. Psikolog bertanya seputar keluarga, aktivitas organisasi, motivasi studi, dan lainnya.

manfaat-dan-tips-mendapatkan-beasiswa-lpdp-4

Penguji kedua fokus menanyakan tentang rencana studi, terutama alasan pemilihan jurusanmu, hubungan dengan program studi sebelumnya, serta alasan melanjutkan studi dan rencana setelah studi. Terkadang mereka juga memberikan sebuah studi kasus dan kamu diminta akan pendapat dan solusinya.

Penguji ketiga fokus pada pengetahuan umum seperti relevansi pancasila saat ini, relevansi jika saat ini ideologi Indonesia diganti dengan Islam, menganalisa beberapa kerusuhan yang melibatkan SARA, dan lainnya.

Terakhir, selesai wawancara jangan lupa beri kata penutup minimal ucapan terimakasih karena mereka sudah memberikan pengalaman berharga atas materi wawancara hari itu.

Setelah itu akan ada LGD (Leaderless Grup Discussion). Di sini peserta dibagi dalam kelompok kecil delapan hingga orang dengan dua orang penilai (psikolog). Peserta diberikan sebuah tema untuk didiskusikan selama 45 menit, lima menit untuk membaca artikel dan 40 menit untuk berdiskusi.

Peserta berdiskusi bebas tanpa intervensi dari tim penilai. Tips dalam LGD adalah jangan terlalu pasif, jangan terlalu mendominasi, jangan menyela pembicaraan orang lain atau dengan kata lain hormati orang yang sedang berbicara.

Hal penting untuk persiapan LGD adalah menguasai materinya. Dengan menguasai materi tentu kita akan lebih percaya diri dalam berdiskusi dan memberikan pendapat. Karena materi akan diberikan tepat saat LGD, ada baiknya Sobat Galedu banyak mencari informasi mengenai berita atau isu-isu aktual. Gambaran materi LGD seperti isu tentang ujian nasional, kurikulum 2013, UU Minerba, hukuman mati untuk terpidana koruptor, HIV-AIDS, Papua, KPK vs Polri, dan kebijakan penghapusan tiket murah pesawat.

manfaat-dan-tips-mendapatkan-beasiswa-lpdp-2

Program Kepemimpinan (PK)

Menurut beberapa penerima program beasiswa LPDP, sesi program kepemimpinan ini adalah sesi yang paling menguras pikiran, tenaga, dan emosi. Agendanya antara lain seminar, akademi militer, naik gunung, kesenian, lomba social competitive, nonton film, dan diskusi.

Tujuan dari sesi ini adalah untuk menyamakan visi misi antara LPDP dengan penerima program beasiswa LPDP. Dalam kegiatan ini ditekankan bahwa mahasiswa yang kuliah di luar negeri harus pulang ke Indonesia dan berkontribusi untuk Indonesia.

Program pengayaan ini dilaksanakan selama 10 hari dan merupakan program wajib. Biaya transport PP ditanggung oleh peserta, dan LPDP hanya memfasilitasi akomodasi selama pelatihan. Sistem gugur dikenakan kepada peserta yang tidak mengikuti pengayaan dan peserta yang dinilai tidak memiliki integritas.

Jika sudah gagal di tahap Program Kepemimpinan maka selamanya tidak bisa mendaftar lagi karena sudah diblacklist. Sedangkan jika gagal di tahap I atau II bisa mendaftar lagi.


Apakah Sobat Galedu semakin tertarik dengan program beasiswa LPDP? Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat ya, good luck!

Baca juga banyak artikel LPDP yang lainnya: