Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

konferensi-pelajar-asean

Apakah kamu mahasiswa Indonesia yang punya impian kuliah di luar negeri? Selain beasiswa S1 dan S2, ada banyak konferensi pelajar gratis atau bisa disebut juga dengan short course, yang bisa membawa kamu ke luar negeri untuk menikmati pendidikan singkat secara gratis.

Konferensi pelajar merupakan suatu program yang mengumpulkan seluruh pelajar, untuk saling berdiskusi tentang suatu masalah terkini. Konferensi pelajar juga sering disebut sebagai short course atau merupakan jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Konferensi pelajar banyak diadakan baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Ada banyak sekali program konferensi pelajar yang ditawarkan berbagai universitas di seluruh dunia, ada yang berbayar dan juga didukung dengan beasiswa. Nah kali ini, kami akan membahas tentang program konferensi pelajar bernama ASEAN Youth Exchange Program 2016).

Tentang Konferensi Pelajar ASEAN Youth Exchange Program

Konferensi ini merupakan program yang mengumpulkan seluruh mahasiswa di ASEAN, untuk berdiskusi mengenai isu atau masalah yang terjadi di negara-negara ASEAN. Konferensi ini terbuka untuk seluruh mahasiswa pra-sarjana dari seluruh negara ASEAN termasuk pelajar Indonesia, dan akan diadakan di Bangkok-Thailand pada tanggal 2-10 Agustus 2016. Perlu Sobat Galedu ketahui bahwa program ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Didalam program yang dikelola dan didanai oleh Chulongkorn University ini, Sobat Galedu akan belajar mengenai komunitas ASEAN, hubungan antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, dan masalah-masalah yang terjadi di setiap negara di Asia Tenggara, selain itu kamu juga berkesempatan untuk menambah teman dari seluruh negara di Asia Tenggara. Kuota penerima program ini adalah sekitar 100 orang.

Baca juga: Cara Membuat Essay Beasiswa yang Baik

Keuntungan Konferensi Pelajar ASEAN Youth Exchange Program

  • Gratis, biaya yang di subsidi oleh program ini meliputi biaya program, makan, transportasi, dan akomodasi (tempat tinggal)
  • Persyaratan mudah
  • Tempat tinggal di hotel berbintang di Bangkok
  • Acara jalan-jalan atau refreshment yang asik
  • Pembicara ternama dari mulai dari ASEAN Secretary hingga UNESCO

Persyaratan

  • Merupakan mahasiswa pra-sarjana di negara yang tergabung dalam ASEAN
  • Memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik
  • Mempunyai ketertarikan mengenai ASEAN
  • Sehat secara jasmani dan rohani

Dokumen yang DIbutuhkan

  • Formulir Aplikasi, bisa di download disini
  • Resume mengenai biodata singkat
  • Fotocopy passport
  • Fotocopy transkrip nilai
  • Surat keterangan orang tua, bisa di download disini
  • Fotocopy hasil riset (tidak wajib)
  • Fotocopy nilai tes kemampuan bahasa inggris (tidak wajib)

Semua dokumen dikirimkan melalui email ke [email protected]

Persiapan untuk Mengikuti Konferensi Pelajar ASEAN Youth Exchange Program

Informasi ASEAN Socio-Cultural Community

Untuk mendaftar dalam program ini, sebaiknya Sobat Galedu mempelajari tentang ASEAN Community terlebih dahulu. Pelajari mengenai program-program yang terdapat di ASEAN Community dan masalah atau isu yang sedang ramai diberitakan. Hal ini akan sangat berguna ketika Sobat Galedu hendak menuliskan essai untuk mendaftar di program ini.

Persiapkan Passport

Visa waiver untuk berkunjung ke Thailand adalah 30 hari sehingga Sobat Galedu tidak perlu mempersiapkan visa. Namun, Sobat Galedu harus memastikan bahwa masa berlaku passport adalah 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tanggal dimulainya program ini adalah 2 Agustus 2016, Sobat Galedu harus memastikan bahwa masa berlaku passport kamu adalah setelah 2 Februari 2017.

Tiket Pesawat

Karena tiket pesawat harus ditanggung oleh penerima program. Jangan lupa persiapkan tiket pesawat ke Bangkok, harga tiket pesawat termurah adalah sekitar 1,5 juta pulang-pergi Jakarta-Bangkok. Untuk mendapatkan tiket murah, Sobat Galedu bisa memesan tiket jauh-jauh hari dan melalui aplikasi atau website.

Waktu Pendaftaran

19 April – 20 May 2016

Durasi dan Tempat Pengadaan Program

9 hari. 2-10 Agustus 2016 di Bangkok, Thailand.

Download informasi ASEAN Youth Exchange Program 2016 disini

Tentang Chulalongkorn University

Chulalongkorn University adalah kampus tertua di Thailand, menawarkan program studi yang sangat luas mulai dari ilmu sosial, kesehatan hingga ilmu teknik, sejak dibukanya program internasional orang Indonesia banyak yang mengambil studi di kampus ini.

Selain ASEAN Youth Exchange Program 2016, ada juga info konferensi pelajar, short course, kompetisi internasional, atau bahkan beasiswa unggulan lainnya buat kamu yang masih di jenjang pendidikan S1 lho. Contohnya ada Program Beasiswa Asia in Today’s World, Beasiswa Astra 1st, dan Beasiswa Short Course 2 Minggu di Negara Asia.