Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Seoul National University, sesuai namanya, adalah universitas ini terletak terletak di Seoul, ibukota Korea Selatan, dan merupakan universitas terbaik di Korea berdasarkan QS Ranking. Universitas ini didirikan pada tahun 1946 yang artinya sudah berusia 70 tahun pada tahun ini. Tidak cuma itu, universitas ini merupakan universitas negeri pertama di Korea Selatan dan dikenal sebagai salah satu universitas yang paling bergengsi yang menyediakan studi penelitian bereputasi global kepada mahasiswanya dari jenjang S1 hingga S3.

Seoul National University memiliki sekitar 27.700 pelajar dan sekitar 2.200 diantaranya adalah pelajar internasional. Seoul National University juga memiliki 3.993 staff fakultas akademik dan 457 diantaranya merupakan warga negara internasional. Sebanyak 57 persen dari mahasiswa universitas ini mengambil studi S1 dan 43 persen mengambil studi S2 dan S3.

Seoul National University memiliki dua kampus di kota Seoul, satu di Gwanak dan satunya lagi di Jongno. Seoul National University tergabung dalam kelompok universitas terkemuka di Korea Selatan yang dikenal dengan nama SKY University, dimana anggotanya yang lain adalah adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH) yang juga termasuk sebagai universitas top di Korea.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Bidang Studi di Seoul National University

profil-seoul-national-university-korea-selatan-4

Program Sarjana (S1)

Untuk jenjang S1, Seoul National University memiliki fakultas dengan jurusan sebagai berikut:

  • Humanities: Korean Language and Literature, Chinese Language and Literature, English Language and Literature, French Language and Literature, German Language and Literature, Russian Language and Literature, Hispanic Language and Literature, Linguistics, Asian Languages and Civilizations, Korean History, Asian History, Western History, Archaeology and Art History, Philosophy, Religious Studies, Aesthetics.
  • Social Sciences: Political Science and International Relations, Economics, Sociology, Anthropology, Psychology, Geography, Social Welfare, Communication.
  • Natural Sciences: Mathematical Sciences, Statistics, Physics and Astronomy, Chemistry, Biological Sciences, Earth and Environmental Sciences.
  • Agriculture & Life Sciences: Plant Science, Forest Sciences, Food and Animal Biotechnology, Applied Biology and Chemistry, Biosystems & Biomaterials Science and Engineering, Landscape Architecture and Rural System Engineering, Agricultural Economics and Rural Development.
  • Business Administration: Business Administration
  • Education: Education, Korean Language Education, English Education, German Language Education, French Language Education, Social Studies Education, History Education, Geography Education, Ethics Education, Mathematics Education, Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Earth Science Education, Physical Education.
  • Engineering: Civil and Environmental Engineering, Mechanical and Aerospace Engineering, Materials Science and Engineering, Electrical and Computer Engineering, Computer Science and Engineering, Chemical and Biological Engineering, Architecture and Architectural Engineering, Industrial Engineering, Energy Resources Engineering, Nuclear Engineering, Naval Architecture and Ocean Engineering.
  • Fine Arts: Oriental Painting, Painting, Sculpture, Crafts and Design.
  • Law: Law
  • Liberal Studies: Liberal Studies
  • Human Ecology: Consumer and Child Studies, Food and Nutrition, Clothing and Textiles.
  • Medicine: Preliminay Medicine, Medicine.
  • Nursing: Nursing.
  • Music: Vocal Music, Composition, Instrumental Music, Korean Music.
  • Pharmacy: Pharmacy, Manufacturing Pharmacy.
  • Veterinary Medicine: Preliminary Veterinary Medicine, Veterinary Medicine.
  • Interdisciplinary Programs: Computational Sciences, Entrepreneurship, Global Environmental Management, Information Science and Culture Studies, Media Art, Technology Management.

Baca Juga: Global Korea Scholarship for ASEAN Countries’ SCIENS: Program Short Course Gratis di Korea

profil-seoul-national-university-korea-selatan-5

Program Pascasarjana (S2 dan S3)

Untuk jenjang S2 dan S3, Seoul National University memiliki fakultas dengan jurusan sebagai berikut:

  • Humanities and Social Sciences: Korean Language & Literature, Chinese Language&Literature, English Language&Literature, French Language&Literature, German Language&Literature, Russian Language&Literature, Hispanic Language&Literature, Linguistics, Korean History, Asian History, Western History, Philosophy, Archaeology&Art History, Religious Studies, Aesthetics, Political Science & International Relations, Economics, Sociology, Anthropology, Psychology, Geography, Social Welfare, Communication, Business Administration, Law, Education, Korean Language Education, Foreign Language Education, Social Studies Education, Ethics Education, Physical Education, Agricultural Economics & Rural Development, Consumer Studies, Family&Child Studies, Public Administration, Environmental Planning.
  • Natural Sciences: Mathematical Sciences, Statistics, Physics & Astronomy, Chemistry, Biological Sciences, Earth&Environmental Sciences, Mathematics Education, Science Education, Plant Science, Forest Science, Agricultural Biotechnology, Biosystems & Biomaterial Science and Engineering, Landscape Architecture and Rural System Engineering, Agricultural and Vocational Education, Food&Nutrition, Clothing&Textiles, Nursing, Pharmacy, Brain & Cognitive Sciences, Biophysics and Chemical Biology, Biomodulation, Public Health.
  • Engineering: Civil & Environmental Engineering, Mechanical and Aerospace Engineering, Industrial Engineering, Energy Systems Engineering, Materials Sciences and Engineering, Electrical and Computer Engineering, Computer Science and Engineering, Chemical and Biological Engineering, Architecture, Multiscale Mechanical Design, Hybrid Materials, Chemical Convergence for Energy and Environment, Naval Architecture and Ocean Engineering.
  • Medicine: Medicine, Biomedical Sciences, Dental Science, Veterinary Medicine.
  • Arts: Fine Arts, Crafts & Design, Music.
  • Interdisciplinary Programs: Classical Studies, Cognitive Science, Comparative Literature, Archival Science, Performing Arts Studies, Gender Studies, History and Philosophy of Science, Genetic Engineering, Neuroscience, Bioinformatics, Computational Science and Technology, Technology Management, Economics and Policy, Urban Design, Bioengineering, Offshore Plant Engineering, Agricultural and Forest Meteorology, Agricultural Genomics, Art Management, Music Education, Art Education, Home Economics Education, Special Education, Environment Education, Early Childhood Education, Global Education Cooperation, Zoonotic Animal Diseases, Cancer Biology, Clinical Pharmacology, Medical Informatics, Stem Cell Biology, Landscape Architecture.

Diantara banyak pilihan, bidang studi yang paling populer dan unggul di Seoul National University adalah modern language, social policy & administration, material sciences, dan engineering. Keempat bidang studi tersebut unggul dan menempati peringkat 20 besar di seluruh dunia berdasarkan QS World University Rankings by Subject.

Baca Juga: Berikut 10 Universitas Terbaik di Asia!

Keunggulan Seoul National University

profil-seoul-national-university-korea-selatan-6

Ada banyak alasan untuk mempertimbangkan Seoul National University sebagai pilihanmu untuk kuliah di Korea Selatan:

  • Peringkat ke-10 sebagai universitas terbaik di Asia
  • Peringkat ke-35 sebagai universitas terbaik di dunia
  • Mendapat 5+ QS STARS. Penghargaan ini didasarkan pada penilaian terhadap research, employability, kualitas pengajaran, internationalization, specialist criteria, fasilitas, inclusiveness, dan inovasi.
  • Menunjang kolaborasi internasional dan memiliki program pertukaran akademik dengan 860 universitas dan institusi penelitian di seluruh dunia.
  • Menawarkan program gelar ganda yang bekerjasama dengan universitas bergengsi dunia.
  • Lebih dari 250 kelas di Seoul National University menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan menawarkan pendidikan kelas dunia.
  • Sejak 1946, Seoul National University menjadi universitas yang terdepan dalam menyediakan pendidikan tinggi di Korea dan meraih reputasi global. Lulusan universitas ini menjadi pemimpin di masyarakat Korea dan komunitas internasional.
  • Anggota fakultas yang berkualitas dengan 95,6 persen lulusan S3 dari universitas bergengsi di seluruh dunia.
  • Fakultas Engineering dan Natural Sciences saat ini sudah dikenal secara global atas reputasi penelitiannya. Berdasarkan Scientific Citation Index (SCI), jumlah publikasi paper akademik di jurnal internasional dari universitas ini mencapai 3.792 pada tahun 2008 dan mendapat peringkat ke-20 di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa universitas ini dapat menyaingi 10-20 universitas terkemuka di Amerika Serikat.
  • Jaringan alumni di Seoul National University merupakan yang terkuat di Korea. Pada tahun 2007, sebanyak 38 persen CEO dari 100 perusahaan Korea dan 88 persen hakim di Pengadilan Tinggi merupakan alumni dari universitas ini. 60 persen Menteri Pemerintahan Korea dan setengah dari anggota majelis nasional merupakan alumni dari universitas ini.
  • Menawarkan fasilitas lengkap mulai dari medical center, layanan konseling, fasilitas olahraga dan fasilitas lainnya dengan teknologi yang tinggi.

Beasiswa yang tersedia di Seoul National University

Untuk jenjang studi S1, berikut beasiswa S1 yang ditawarkan Seoul National University:

Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh National Institute for International Education (NIIED) dan ditujukan untuk pendaftar internasional yang ingin melanjutkan empat tahun studi S1 di Seoul National University. Kuota penerima beasiswanya adalah 20 hingga 40 orang tiap tahunnya. Beasiswa yang diberikan mencakup tunjangan uang kuliah hingga semester delapan, biaya hidup sebesar KRW800.000 per bulan (sekitar Rp9 juta), tiket pesawat kelas ekonomi, pelatihan bahasa Korea selama satu tahun, asuransi kesehatan, biaya selesai studi dan biaya kembali.

Aplikasi beasiswa ini akan dibuka setiap bulan September. Untuk mendaftar program ini, kandidat harus mengumpulkan aplikasi program ke kedutaan Korea di negara masing-masing. Aplikasi akan diseleksi oleh kedutaan Korea kemudian National Institute for International Education (NIIED). Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 82-2-880-6971 atau via email ke alamat [email protected]. Kamu juga bisa mengunduh petunjuk pendaftaran KGSP di sini.

SNU Global Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan ke pelajar internasional yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti studi S1 di Seoul National University. Kuota beasiswa yang ditawarkan beasiswa ini adalah 80 beasiswa. Tanggungan yang diberikan adalah biaya kuliah, biaya hidup, dan uang akomodasi. Selain itu, tersedia juga dana untuk mengikuti pelatihan bahasa Korea. Beasiswa ini dibuka selama periode penerimaan mahasiswa pada bulan Juni hingga Juli untuk studi S1 dan Agustus hingga September untuk studi S2 atau S3 di Seoul National University. Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat menghubungi 82-2-880-2519 atau via email [email protected].

Glo-Harmony Scholarship

Beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional yang berasal dari negara yang terdaftar di DAC list of ODA Recipients, termasuk Indonesia. Beasiswa ini menawarkan subsidi pendidikan hingga semester delapan mencakup uang kuliah dan biaya hidup senilai KRW600.000 per bulan (sekitar Rp6,9 juta). Beasiswa ini dibuka pada bulan Januari dan Juli.

Untuk mendaftar program ini, kandidat harus mengumpulkan aplikasi ke kantor International Affairs yang kemudian akan diseleksi oleh kantor International Affairs Seoul National University dan akan diinterview oleh Samsung Foundation. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 02-880-2519 atau via email [email protected].

Baca Juga: Global Korea Scholarship: Beasiswa Bergengsi Dari Pemerintah Korea!

Global Korea Scholarship (GKS) – Korean Government Support Program for Self-Financed Student

Beasiswa ini ditawarkan ke pelajar internasional yang membiayai biaya pendidikannya sendiri dan sedang berada dalam tahun studi kedua, ketiga, atau keempat. Selain itu, beasiswa ini juga berlaku untuk pelajar yang memiliki IPK lebih dari 80 dari skala 100 di semester sebelumnya. Tunjangan yang diberikan berupa KRW6 juta atau sekitar KRW500.000 per bulan (sekitar Rp5,7 juta). Subsidi berlaku hingga 12 bulan.

Aplikasi dibuka pada bulan Februari. Kandidat harus menyerahkan dokumen aplikasi ke kantor International Affairs Seoul National University yang kemudian akan diseleksi oleh National Institute for International Education (NIIED). Untuk informasi lebih lanjut hubungi 02-880-2519 atau via email [email protected].

International Student Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan untuk pelajar internasional, termasuk pelajar Indonesia yang sudah mendaftar di Seoul National University. Tunjangan yang diberikan tergantung dari keputusan universitas, mulai dari tunjangan 10 persen biaya kuliah atau 100 persen biaya kuliah. Aplikasi dibuka pada bulan Mei dan November setiap tahunnya. Kandidat harus mengumpulkan aplikasi ke Seoul National University dengan syarat pendaftaran berupa IPK minimal 2.7. Untuk info lebih lanjut, hubungi 02-880-2584 atau via email [email protected].

profil-seoul-national-university-korea-selatan-2

Tak hanya untuk program S1, ada juga beasiswa S2 dan S3:

Graduate Scholarship for Excellent Foreign Students (GSFS)

Beasiswa ini terbuka untuk pelajar Asia dengan kuota 20 beasiswa yang tersedia. Tunjangan yang diberikan berupa tunjangan penuh uang kuliah maksimal untuk empat semester. Selain itu, diberikan tunjangan biaya hidup sebesar KRW500.000 tiap bulan (sekitar Rp5,7 juta).

Aplikasi dibuka selama periode pendaftaran mahasiswa internasional setiap semester. Kandidat harus mengumpulkan aplikasi pendaftaran ke kantor admisi Seoul National University dan mengumpulkan aplikasi pendaftaran program beasiswa ke kantor International Affairs Seoul National University. Seleksi akan dilakukan oleh Seoul National University. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 82-2-880-2519, atau via email [email protected].

Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa ini ditujukan untuk pelajar internasional yang mendaftar studi S2 atau S3 di SNU. Kuota beasiswa yang tersedia adalah sebanyak 325. Tunjangan yang diberikan berupa tunjangan uang kuliah penuh hingga empat semester untuk S2 dan hingga enam semester untuk studi S3. Selain itu, diberikan tunjangan biaya hidup sebesar KRW900.000 tiap bulan (sekitar Rp10 juta), tiket pesawat kelas ekonomi, tunjangan biaya training bahasa Korea, asuransi medis, biaya penelitian, biaya pencetakan skripsi, biaya penyelesaian studi dan uang kembali.

Aplikasi dibuka pada bulan Februari. Kandidat dapat memilih salah satu dari cara pendaftaran berikut:

  • University Recommendation Program: kandidat mengumpulkan aplikasi ke kantor admisi Seoul National University dan akan diseleksi oleh National Institute for International Education (NIIED) atau
  • Embassy Recommendation Program: kandidat mengumpulkan aplikasi di kedutaan Korea di negara masing-masing dan akan diseleksi oleh National Institute for International Education (NIIED)
    Untuk informasi lebih lengkap, hubungi 82-2-880-6971 atau via email [email protected] dan download petunjuk pendaftaran KGSP Graduate di sini

Baca Juga: Beasiswa S2 ke Korea dengan Program Dream Together Master

Tak hanya sampai disitu, Seoul National University juga menawarkan beasiswa untuk program pertukaran pelajar di universitas ini:

SNU-WOONGJIN Global Multicultural Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan dalam bentuk pertukaran pelajar Asia untuk studi S1, S2, atau S3. Prioritas akan diberikan ke program studi engineering dan natural sciences, dengan kuota beasiswa yang tersedia adalah untuk 10 pelajar. Tunjangan yang diberikan berupa uang kuliah, biaya hidup sejumlah KRW600.000 tiap bulan (sekitar Rp6,9 juta) untuk mahasiswa S1 dan KRW700.000 per bulan (sekitar Rp8 juta) untuk mahasiswa S2 atau S3, tiket pesawat, biaya training bahasa Korea. Subsidi diberikan untuk satu semester hingga dua semester.

Untuk prosedur aplikasi, kandidat direkomendasikan dari universitas asal yang bekerjasama dengan Seoul National University kemudian mengumpulkan rekomendasi dengan aplikasi ke International Affairs Seoul National University yang kemudian akan dilakukan penyeleksian. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 82-2-880-8633 atau via email [email protected].

Global Korea Scholarship (GKS) for Exchange Students

Beasiswa ini diberikan kepada untuk pertukaran pelajar dari negara yang berkembang, termasuk Indonesia. Kuota beasiswa akan diumumkan oleh National Institute for International Education (NIIED) tiap tahunnya. Tunjangan yang diberikan adalah uang kuliah, biaya hidup sebesar KRW800.000 per bulan (sekitar Rp9,2 juta), tiket pesawat, uang penyelesaian studi sebesar KRW200.000 (sekitar Rp2,3 juta), dan asuransi medis. Periode subsidi adalah untuk satu hingga dua semester.

Untuk prosedur aplikasi, kandidat direkomendasikan dari universitas asal yang bekerjasama dengan Seoul National University kemudian mengumpulkan rekomendasi dengan aplikasi ke International Affairs Seoul National University yang kemudian akan dilakukan penyeleksian oleh NIIED. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 82-2-880-8633 atau via email [email protected].

Proses Pendaftaran Seoul National University

profil-seoul-national-university-korea-selatan-7

Program S1

  • Pendaftaran online pada bulan Juni sampai dengan Juli
  • Pengumpulan dokumen
  • Pelaksanaan test
  • Pengumuman keputusan penerimaan via website pada bulan Oktober
  • Registrasi pada bulan Februari di tahun berikutnya. Pembayaran untuk registrasi ini bisa melalui semua cabang Bank NongHyup, Bank Shinhan, Woori Bank Nationwide atau bisa via Virtual account transfer.
  • Korean Proficiency Test pada bulan Februari.

Perlu kamu perhatikan jika pihak universitas tidak memberikan pendaftaran secara online, maka kamu harus mengirim berkas-berkas pendaftaran yang diperlukan langsung ke SNU melalui pos atau langsung mengantarkannya. Dan jangan lupa lampirkan pembayaran pendaftaran ke dalam paket yang akan dikirim tersebut. Berkas harus sudah diterima oleh pihak kampus sebelum tanggal penutupan yang telah ditentukan. Jika tidak, maka berkas pendaftaran tidak akan diterima, jadi harus benar-benar memperhitungkan agar berkas dapat diterima sebelum tanggal penutupan pendaftaran.

Baca Juga: Ingin Raih Beasiswa ke Korea? Simak Info Ini!

Program Graduate (S2 dan S3)

  • Pendaftaran online yang dimulai pada bulan Agustus hingga September. Perkuliahan akan dimulai pada bulan Maret.
  • Pengumpulan dokumen
  • Pengumuman penerimaan pada bulan November via website SNU
  • Pembayaran pada bulan Februari. Proses pembayaran dilakukan melalui bank yang telah ditentukan atau via virtual account transfer.
  • Proficiency Test dilakukan pada bulan Februari

Biaya Hidup di Korea Selatan Sebagai Mahasiswa Seoul National University

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Seoul National University, kisaran biaya kuliah adalah KRW2,5 juta (sekitar Rp28,7 juta) hingga KRW7 juta (sekitar Rp80,6 juta) per semester. Tapi tenang, kamu bisa coba mendaftar beasiswa karena kebanyakan program beasiswa menawarkan tunjangan uang kuliah.

Untuk biaya makan, di kota besar seperti Seoul, biaya makan berkisar antara KRW 8.000 (sekitar Rp 92.000) hingga KRW15.000 (sekitar Rp172.000) per porsi. Enaknya, di samping kampus, pemerintah Korea membolehkan kamu untuk bekerja paruh waktu. Mahasiswa yang bekerja bisa memilih kuliah malam atau akhir pekan. Batasan waktu bagi mahasiswa yang bekerja paruh waktu adalah 20 jam per minggu. Sedangkan, untuk biaya tempat tinggal, kisaran harganya adalah sekitar KRW500.000 (sekitar Rp5,7 juta)per bulan.

Buat kamu yang memang ingin melanjutkan studi di Korea Selatan, Seoul National University bisa menjadi salah satu pilihanmu. Pasti bangga dong kuliah di universitas top di Korea Selatan? Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh Seoul National University. Kamu juga bisa mengunjungi website Seoul National University untuk mencari tahu lebih lanjut di sini.

Baca juga artikel profil universitas top Korea dan Asia lainnya: