Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

beasiswa luar negeri jepang

Sebelumnya, Galedu pernah membahas sebuah program beasiswa kuliah singkat bernama ASEAN in Today’s World, kali ini Galedu akan membahas tentang sebuah program beasiswa shortcourse atau kuliah singkat dengan fitur beasiswa bernama Asia in Today’s World yang diadakan di Jepang. Bagi Sobat Galedu yang belum tahu, shortcourse merupakan jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Banyak sekali program shortcourse yang ditawarkan berbagai universitas di seluruh dunia, ada yang berbayar dan juga didukung dengan beasiswa, sebagai contoh program ASEAN in Today’s World (AsTW) dan Asia in Today’s World (ATW).

Tentang Asia in Today’s World

Asia in Today’s World atau biasa dikenal dengan ATW merupakan program studi yang berfokus pada Asia. ATW diselenggarakan dan didanai oleh Kyushu University di Jepang. Program ini dibuat sedemikian rupa agar dapat diikuti oleh mahasiswa dari seluruh universitas di Asia, mulai dari mahasiswa pra-sarjana hingga pasca-sarjana. Program ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar.

Baca juga: Cara Berikan Kesan Pertama yang Baik Saat Pendaftaran Beasiswa 

Isi Program Asia in Today’s World

ATW berdurasi selama 6 minggu dan diikuti kurang lebih oleh 40 mahasiswa se-Asia. Kurikulumnya terdiri dari Asian Studies Courses (ASCs) dan Japanese Language Courses (JLCs), ditambah beberapa program seperti study tour ke daerah-daerah di Jepang.

Di kelas belajar bahasa Jepang (JLCs), mahasiswa akan diajarkan mengenai bahasa Jepang dari dasar sampai ke tingkat yang lebih tinggi. Kelas ini bertujuan agar mahasiswa mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang, serta melakukan presentasi dan debat singkat dalam bahasa Jepang.

Dikelas ASCs, mahasiswa dapat memilih 2 kelas berikut untuk diikuti selama 2 minggu:

  • Politics and Society in Modern and Contemporary Japan: The continuing struggle for citizen participation and democracy
  • Death in Traditional Japanese Literature in the Asian Context
  • Mind and Behaviour Across Asia
  • Economic Integration in Asia

Kegiatan study tour budaya juga merupakan hal yang menarik dari program ATW ini, dimana kamu bisa jalan-jalan di Jepang sambil belajar tentang budaya Jepang. Hal ini tentunya dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi Sobat Galedu. Selama 6 minggu disetiap akhir pekan, Sobat Galedu akan diajak untuk pergi ke tempat-tempat ternama di Jepang. Tidak cuma belajar dan study tour, Kyushu University sebagai penyelenggara program juga membuat acara pembukaan dan acara penutup yang sangat menarik.

Untuk menyelesaikan program ATW, partisipan harus mengikuti dua kelas diatas (ASCs dan JLCs), syarat kehadiran minimum adalah 85% selain itu, peserta harus berpartisipasi dalam seluruh kegiatan resmi ATW. Setelah program selesai, partisipan akan mendapatkan sertifikat yang secara resmi dikeluarkan oleh Kyushu University, selain itu, semua kredit yang didapatkan di program ATW dapat ditransfer ke universitas asal. 

Biaya dan Beasiswa

Program ATW tidak sepenuhnya gratis, namun Kyushu University memberikan beasiswa sebesar 160,000 JPY atau senilai 18 juta rupiah bagi beberapa partisipan dengan kemampuan akademis yang baik.

Kebutuhan Biaya

  • Biaya Program: 91,800 JPY termasuk biaya kuliah dan asuransi
  • Akomodasi: 200,000 JPY
  • Transportasi: 30,000 JPY
  • Buku : 3,000 JPY
  • Makan : 24,500 JPY
  • Study Trips:
    • World Heritage Sites in Hiroshima: 25,000 JPY
    • Farming Work Experience: 1,000 JPY
    • Japanese Traditional Culture: 500 JPY

Biaya ini belum termasuk tiket pesawat pulang pergi kurang lebih 10 juta rupiah dan kebutuhan personal partisipan. Perkiraannya, Sobat Galedu harus menyiapkan kurang lebih 50 juta rupiah, jika mendapatkan beasiswa, Sobat Galedu bisa menyiapkan kurang lebih 35 juta rupiah, jika mengirit dan tidak mengikuti study tour, Sobat Galedu bisa menyiapkan kurang lebih 25 juta rupiah saja, dengan keuntungan 6 minggu di Jepang. Padahal jika Sobat Galedu ingin jalan-jalan di Jepang dalam waktu 6 minggu, Sobat Galedu harus menyiapkan minimal 90 juta rupiah menurut traveler.

Program beasiswa hanya berlaku bagi mahasiswa di Asia, sehingga, mahasiswa Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini, dan tanpa dibatasi oleh jurusan dan jenjang studi yang diambil!

Baca juga: Beasiswa S1 di Singapura

Dokumen dan Syarat

Syarat untuk mengikuti program ini juga mudah lho! Berikut dokumen yang harus kamu siapkan:

  • Application Form
  • Transkrip Nilai (IPK diatas 3.20 dari 4.00)
  • Surat Rekomendasi dari Universitas
  • Essay
  • Sertifikat nilai TOEFL iBT diatas 79 atau PBT diatas 550 (masih bisa dipertimbangan apabila tidak mencapai 550)
  • Surat pernyataan kemampuan bahasa inggris
  • Surat keterangan medis

Mudah bukan? Dokumen ini bisa dikirimkan via email lho, jadi Sobat Galedu tidak perlu repot mengirim via pos.

Tanggal penting: Program ATW biasanya diadakan sekitar bulan Juni sampai Agustus. Pendaftarannya ditutup sekitar bulan Februari

Ayo tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu ya! Selamat mencoba!