Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

AAEAAQAAAAAAAANNAAAAJGIxYzI0OTk2LWFjMmEtNGFlNi1hZWY4LWUyMTNjZTk0MjNmMQ

Kabar gembira untuk Sobat Galedu, program Beasiswa Astra 1st 2016 yang juga merupakan program pengembangan diri dari PT. Astra International Tbk telah resmi dibuka.

Program Astra 1st (dibaca Astra first) seperti yang sudah disebutkan, selain memberikan beasiswa, juga memberikan aktifitas pengembangan diri bagi penerima beasiswa. Aktifitas tersebut berupa workshop selama beberapa hari yang diadakan di luar kota dan dikelola langsung oleh tim HRD PT. Astra Internasional Tbk, juga beberapa proyek bisnis yang melibatkan anak perusahaan Astra Group sendiri.

Program ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa pra-sarjana atau S1 yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi unggulan di Pulau Jawa. Proses seleksi program ini akan dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang, sejak bulan Mei sampai Juni 2016.

Baca juga: Kominfo Sediakan Beasiswa S2 Luar Negeri Bidang IT

Keuntungan program beasiswa Astra 1st

  • Beasiswa 5 juta rupiah/semester (durasi program 1 tahun mulai September hingga Mei)
  • Program pendampingan komprehensif selama 1 tahun untuk mengembangkan kompetensi teknis technical competencies dan kompetensi non-teknis soft competencies
  • Kesempatan belajar (Kerja Praktek atau Magang) di Astra Group
  • Kesempatan mengerjakan proyek untuk anak perusahaan Astra Group dan mendapatkan dana proyek
  • Kesempatan bekerja di PT Astra Internasional setelah lulus

Proses pendaftaran Astra 1st

Pengisian Data

Pertama-tama kamu akan diminta untuk mengisi data di website resmi PT. Astra Internasional Tbk atau bisa juga melalui link ini. Ada beberapa syarat atau kualifikasi jurusan pada tahap ini, program Astra 1st hanya menerima jurusan ekonomi dan teknik.

Tes Psikologi

Setelah itu apabila kamu lolos dari tahap seleksi data dan video, kamu akan diminta untuk datang ke tempat yang telah ditentukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang untuk melakukan tes tertulis semacam tes IQ dan tes kepribadian. Untuk melewati tes ini, kamu tidak perlu belajar, hanya perlu menjadi diri kamu sendiri dan menampilkan diri kamu apa adanya.

Focus Group Discussion

Setelah itu apabila kamu lolos dari tahap tes psikologi, kamu akan diminta untuk datang ke tempat yang telah ditentukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang untuk melakukan focus group discussion atau yang biasa disebut FGD. FGD adalah salah satu tes secara berkelompok untuk menilai performa atau cara pandang seseorang saat ditempatkan didalam suatu kelompok.

Interview

Apabila kamu lolos dari tahap focus group discussion, kamu akan dipanggil pada hari itu juga atau keesokan harinya untuk mengikuti interview, jangan takut, tim HRD Astra Group sangat ramah dan bersahabat.

Astra Workshop Program

Nah, apabila kamu sudah melewati tahapan diatas, kamu harus menunggu beberapa minggu untuk menunggu hasilnya, biasanya hasilnya akan dikirmkan melalui email apabila kamu lolos dan terpilih menjadi salah satu penerima program Astra 1st.

Baca juga: Cara Berikan Kesan Pertama yang Baik saat Pendaftaran Beasiswa

Persyaratan program beasiswa Astra 1st

  • Terdaftar sebagai mahasiswa pra-sarjana aktif yang berasal dari universitas di Pulau Jawa
  • Mahasiswa dari fakultas teknik, ekonomi, atau bisnis
  • IPK minimal 3.00 dari 4.00
  • Aktif dalam kegiatan organisasi
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari perusahaan lain
  • Dapat mengikuti program selama 1 tahun
  • Memiliki ketertarikan untuk berkarir di Astra Group
  • Bersedia mengikuti kegiatan Astra 1st 2016 sejak bulan September 2016 hingga Mei 2017.

Deadline pendaftaran 

Pendaftaran beasiswa akan ditutup pada tanggal 30 April 2016. Durasi program sejak bulan September 2016 hingga Mei 2017.

Setiap tahunnya, program beasiswa Astra 1st biasanya menerima sekitar 50 hingga 80 orang, tergantung pada kualitas kandidat yang mendaftar. Menarik bukan? Yuk segera daftarkan dirimu! 

Menuju formulir pendaftaran beasiswa Astra 1st 2016

Menuju application guideline