Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

Beasiswa Astra 1st

Sebelumnya Galedu pernah membahas tentang program Beasiswa Astra 1st, mulai dari keuntungannya hingga apa saja yang harus dipersiapkan. Kali ini Galedu akan memberikan informasi kepada Sobat Galedu mengenai aktivitas-aktivitas yang dilakukan penerima program pengembangan diri dan beasiswa Astra 1st. Astra 1st merupakan program pengembangan terhadap mahasiswa, yang kelola secara langsung oleh PT Astra International Tbk. Secara sederhana, mahasiswa menyebutnya sebagai beasiswa Astra, tetapi sebenarnya, program ini lebih rumit dari yang kamu kira. Ada banyak hal yang Sobat Galedu dapatkan, mulai dari ilmu, pengalaman, bahkan kesempatan khusus yang jarang sekali didapatkan orang mahasiswa lainnya. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri, yang pernah menjadi penerima program beasiswa Astra 1st di batch 4 atau di tahun 2014.

Baca juga: Program Beasiswa Astra 1st 2016 telah Resmi Dibuka

Awalnya, saya mengetahui tentang program ini melalui senior saya di organisasi kemahasiswaan kampus. Setelah itu, saya menjadi termotivasi untuk mencoba dan akhirnya mendaftar melalui online registration seperti yang ada saat ini. Setelah itu saya mendapatkan email bahwa saya diundang untuk mengikuti tes tertulis, dan saat itu, saya pergi untuk mengikuti tes bersama beberapa teman saya. Setelah mengikuti tes, langsung diumumkan siapa yang lolos ke tahap interview. Disini nih, sekitar setengah dari pendaftar dieliminasi, termasuk beberapa dari teman saya. FYI, kurang lebih ada 5000 pendaftar lho. Setelah lolos tahap interview, kami harus menunggu beberapa minggu untuk hasilnya. Dan akhirnya, beberapa minggu kemudian saya mendapatkan email bahwa saya terpilih untuk menjadi salah satu penerima. Wah senang sekali rasanya, menjadi salah satu mahasiswa terpilih diantara ribuan mahasiswa diseluruh pulau Jawa.

Sertifikat Astra 1st

Sertifikat Astra 1st

Astra Workshop Program

Selanjutnya, mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti program Astra 1st diundang untuk mengikuti kegiatan bernama Astra Workshop Program (AWP), saat itu AWP diadakan selama beberapa hari di Sukabumi pada awal September 2014. Di hari pertama, kami diminta untuk berkumpul di kantor Astra Internasional di Sunter. Saat itulah, kami menjadi lebih mengenal Astra Internasional, yang ternyata punya banyak lini bisnis dan merupakan salah satu perusahaan terbaik di Indonesia. Setelah melewati beberapa acara di kantor Astra Internasional, kami melakukan perjalanan ke Sukabumi untuk rangkaian acara AWP yang selanjutnya. Disana, kami banyak mendapatkan materi-materi mengenai project management yang sangat berguna di dunia kerja.

Kami disebar ke beberapa kelompok, dengan anggota kelompok yang berasal dari jurusan dan universitas yang berbeda, hal itu membuat kami mendapatkan banyak teman baru dari universitas unggulan di Indonesia. Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan kesempatan untuk konseling dengan kakak-kakak dari Astra International terkait Individual Development Plan atau rencana pengembangan diri. Pengalaman yang sangat menarik lho Sobat Galedu, apalagi ditambah dengan business simulation yang dirancang oleh Astra 1st sebelumnya dari batch 3. Kami belajar untuk membuat perencanaan yang baik serta melakukan pengambilan keputusan yang tepat di tengah-tengah situasi dan kondisi bisnis yang cepat berubah.

Foto dalam acara Astra Workshop Program

Foto dalam acara Astra Workshop Program

Setelah program AWP, penerima program Astra 1st dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan daerah untuk melakukan kegiatan sosial, dan tentu saja ada suntikan dana yang cukup besar dari Astra Internasional. Saat itu, kelompok kami terdiri dari Binus University, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Atma Jaya. Sebelum mengeksekusi proyek sosialnya, kami harus melakukan presentasi beberapa kali mengenai konsep sosial kami kepada mentor-mentor dari Astra Internasional. Ditahap ini kami belajar bagaimana menganalisa sebuah masalah sosial dan memikirkan kegiatan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah menyelesaikan kegiatan sosial, kami melakukan kegiatan Rn’R atau Review and Refreshment yang diadakan di kantor Astra Internasional di Sunter.

Baca juga: Program Beasiswa Unggulan Astra 1st

Setelah melakukan review, kami membahas mengenai projek selanjutnya, yaitu business project. Kali ini, penerima program Astra 1st dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan universitas yang sama untuk menjadi Business Analyst, dan tiap kelompok mendapatkan real business case dari affiliated company (afco) Astra Internasional. Saat itu, kami dari Binus University mendapatkan Astra Credit Company (ACC) sebagai ‘klien’ kami. Case yang kami dapatkan benar-benar real dan bukan case yang dibuat-buat, tapi memang merupakan masalah yang dialami ACC. Dari sana, kami belajar untuk melakukan analisa mendalam mengenai masalah sebuah perusahaan dan mencari jalan keluarnya. Setelah kami menemukan konsep proyek yang tepat, kami diminta untuk mempresentasikannya didepan perwakilan petinggi-petinggi PT Astra Internasional Tbk. Barulah setelah itu, kami diberikan masukan-masukan yang akhirnya bisa membuat kami menjalankan proyek yang telah dikonsepkan. Setelah semua proyek terselesaikan dalam durasi program (1 tahun) kami juga melakukan evaluasi dan penutupan program. Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa, saya juga mendapatkan kesan yang baik tentang PT Astra Internasional Tbk, mulai dari budaya perusahaan yang menyenangkan, prestasi perusahaan, sampai kesan terhadap karyawan-karyawan Astra Internasional yang ramah dan menyenangkan. Sobat Galedu, jangan ragu untuk mencoba program beasiswa unggulan ini ya!