Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

ubc2Kanada adalah salah satu negara yang merupakan destinasi studi yang populer. Setiap tahunnya, banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Kanada atau institusi pendidikan di Kanada. Kali ini, Galedu akan membahas mengenai salah satu program beasiswa yang ditawarkan untuk pelajar internasional di Kanada.

The University of British Columbia merupakan salah satu top 40 universitas terbaik di dunia. The University of British Columbia menyediakan banyak program beasiswa untuk pelajar internasional, diantaranya beasiswa IMES atau International Major Entrance Scholarships dan dan beasiswa OIS atau Outstanding International Student Award.

International Major Entrance Scholarships (IMES) adalah penghargaan yang diberikan untuk pelajar internasional yang akan melanjutkan studi S1 di UBC atau yang dikenal dengan The University of British Columbia. Penerima beasiswa akan menerima beasiswa dari tahun pertama hingga tahun ketiga studi di UBC. Jumlah dana beasiswa yang ditawarkan hingga 40,000 CAD atau setara dengan 406 juta rupiah, dengan alokasi 10,000 CAD tiap tahunnya atau setara dengan 101,5 juta rupiah selama 4 tahun.

Outstanding International Student (OIS) Award merupakan salah satu beasiswa yang diberikan UBC kepada pelajar yang memiliki kualifikasi saat melakukan pendaftaran ke UBC. OIS akan melakukan review pada grades atau nilai dan profil personal kandidat sebagai bahan pertimbangan.Jumlah beasiswa yang ditawarkan adalah sebanyak 2,500 CAD atau sekitar 25 juta rupiah hingga 10,000 CAD atau sekitar 101,5 juta rupiah.

Baca Juga: Chevening Scholarship, Beasiswa UK Bergengsi Telah Dibuka!

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa IMES dan OIS

  • International Major Entrance Scholarships (IMES)
    • Mendaftar sebagai mahasiswa baru di UBC dan telah lulus SMA/sederajat.
    • Memiliki student visa.
    • Mendemonstrasikan prestasi akademik, intelektual dan keikutsertaan dalam aktivitas ekstrakurikuler dan komunitas.
    • Melakukan pendaftaran paling lambat 15 Januari.
  • Outstanding International Student (OIS)
    • Mendaftar sebagai mahasiswa baru di UBC dan telah lulus SMA/sederajat atau pindah ke UBC sebagai mahasiswa baru.
    • Memiliki student visa.
    • Mendemonstrasikan prestasi akademik dan keikutsertaan dalam aktivitas ekstrakurikuler.
    • Melakukan pendaftaran paling lambat 15 Januari.

Tahap Pendaftaran

  • Daftar program International Major Entrance Scholarships atau Outstanding International Student di link berikut.
  • Cek daftar studi area yang tersedia.
  • Memenuhi syarat pendaftaran. Akses link berikut untuk mengetahui lebih detail syarat tiap bidang studi.
  • Memenuhi standar kemampuan Bahasa Inggris. Ketentuan lebih lengkapnya bisa kamu cek di link berikut.

Catatan penting:

  • Sobat Galedu harus mengumpulkan aplikasi UBC untuk pendaftaran paling lambat 15 Januari untuk mendapat pertimbangan aplikasi OIS dan IMES.
  • Semua pelajar internasional akan dipertimbangkan secara otomatis untuk mendapatkan beasiswa OIS dan/atau IMES setelah mendapatkan penawaran pendaftaran dari UBC. Setelah Sobat Galedu menerima penawaran, aplikasimu akan secara otomatis di review untuk kedua kalinya, dalam rangka pertimbangan untuk OIS dan IMES. Setelah Sobat Galedu berhasil lolos di tahap ini, Sobat Galedu akan mendapatkan notifikasi paling lambat 3 minggu setelah tanggal penawaran pendaftaran dari UBC.

Baca Juga: Top 10 Beasiswa Populer dan Bergengsi di Seluruh Dunia

Tanggal Penting

Seleksi beasiswa akan dipertimbangkan sejak awal Februari. Kandidat yang diterima akan diberitahukan antara bulan Februari dan pertengahan bulan April, tergantung dari kapan kandidat menerima penawaran dari UBC. Pemberitahuan akan dilakukan via email.
Tunggu apa lagi? Beasiswa OIS dan IMES akan segera dibuka sebentar lagi pada tanggal 22 Agustus 2016. Kunjungi link berikut untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Jangan sampai ketinggalan ya! Selamat mencoba!