Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

short course ke vietnam

Tahukah Sobat Galedu bahwa ada banyak kesempatan untuk belajar sambil jalan-jalan di luar negeri secara gratis? Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program short course.

Short course merupakan jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Tipe program ini tidak mengharuskan Sobat Galedu untuk melakukan perpindahan studi di luar negeri, melainkan hanya mengikuti program singkat, dimana Sobat Galedu dapat kembali melanjutkan studi di Indonesia ketika program ini selesai.

Baca juga: 5 Beasiswa Dari Perusahaan Swasta Yang Paling Populer!

Banyak sekali program short course yang ditawarkan berbagai universitas di seluruh dunia, ada yang berbayar dan juga didukung dengan beasiswa. Salah satunya program short course ke Vietnam bernama ASEAN in Today’s World (AsTW). Bulan Maret 2016 lalu, saya berhasil mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program ini, nah pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan tentang program ini, berikut cara pendaftarannya.

Pengalaman Short Course ke Vietnam

Pengalaman Mengikuti AsTW 2016 di Vietnam

Tentang AsTW, Short Course ke Vietnam

AsTW merupakan program studi yang berfokus pada hubungan antara ASEAN dan Asia Timur. Programnya disusun agar dapat diikuti oleh mahasiswa di seluruh dunia, dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sejak diluncurkan pada tahun 2009 di Thailand, program AsTW sudah diselenggarakan di berbagai negara berbeda.

Selama tiga tahun hingga 2011, AsTW diselenggarakan di Thailand oleh Kyushu University dari Jepang dan Mahidol University dari Thailand. Lalu dua tahun selanjutnya hingga 2014, AsTW diselenggarakan di negara Filipina oleh Kyushu University dan Ateneo de Manila University dari Filipina. Mulai tahun 2015, AsTW diselenggarakan di negara Vietnam. Pengelolanya kali ini ialah Kyushu University, dan kali ini bersama dengan Vietnam National University di kota Hanoi.

Tentang Program AsTW, Short Course ke Vietnam

Tahun ini, AsTW akan diadakan pada tanggal 3-17 Maret 2017. AsTW berdurasi selama 2 minggu dan biasanya diikuti oleh sekitar 32 universitas di ASEAN. Kurikulumnya terdiri dari ASEAN Studies Courses (ASC) dan Asian Languages & Cultures (ALC), ditambah beberapa program seperti study trip.

Sebagai gambaran, di bidang ASC mahasiswa dapat mengambil salah satu dari ketiga kelas berikut:

  • Current Affairs of ASEAN and East Asia
  • Food and Environmental Issues in Asia
  • Cross-cultural Communication in Asia

Di ALC, mahasiswa akan mengambil salah satu dari ketiga kelas di bawah ini:

  • Bahasa dan kebudayaan Jepang
  • Bahasa dan kebudayaan Vietnam
  • Bahasa Inggris

Kegiatan study trip budaya juga menjadi salah satu hal yang menarik dari program. Setiap study trip ditujukan agar mahasiswa bisa meningkatkan kesadaran dan apresiasi mereka terhadap sejarah, budaya, dan kehidupan sosial di negara tuan rumah AsTW.

Baca juga: Beasiswa S2 di Jepang oleh INPEX Scholarship Foundation

Untuk menyelesaikan program AsTW, mahasiswa harus mengikuti dua kelas (satu dari ALC dan satu lagi dari ASC) serta berpartisipasi dalam semua kegiatan resmi. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan semua itu akan mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh Kyushu University dan mitra universitasnya. Asiknya, nanti semua kredit yang kamu dapatkan dari semua kelas di atas juga dapat ditransfer ke universitas asal.

Program Beasiswa AsTW, Short Course ke Vietnam

Setiap tahunnya Kyushu University memberikan beasiswa sebesar 1,572 USD (sekitar 20 juta rupiah) untuk biaya kuliah, akomodasi, makan pagi, dan study trip. Mahasiswa nantinya harus mengeluarkan uang sendiri untuk penerbangan pulang dan pergi, transportasi lokal, dan biaya pribadi (souvenir, cucian, dll).

Walau programnya terbuka bagi mahasiswa S1 dan S2 di seluruh dunia, program beasiswa hanya berlaku bagi mahasiswa di ASEAN. Otomatis, mahasiswa Indonesia juga bisa mendapatkan beasiswa ini, dan tanpa dibatasi oleh jurusan!

Persyaratan Beasiswa AsTW, Short Course ke Vietnam

Syarat untuk mengikuti program ini juga mudah lho! Berikut dokumen yang harus kamu siapkan:

  1. Application Form 1, download disini
  2. Application Form 2, download disini
  3. Transkrip Nilai (IPK minimal adalah 3.0 dari 4.0)
  4. Surat Rekomendasi dari Universitas, download disini
  5. Essay, download disini
  6. Sertifikat Nilai TOEFL (nilai minimal 530, namun masih dapat dipertimbangkan)
  7. Surat Pernyataan Kemampuan Bahasa Inggris, download disini
  8. Surat Keterangan Kesehatan, download disini
  9. Diploma (bagi mahasiswa pasca-sarjana)
  10. Surat Keterangan Aktif Mahasiswa dari Kampus

Semua dokumen diatas harus dikirim ke pengurus AsTW dengan format xls, xlsx, doc, atau docx paling lambat tanggal 31 Oktober 2016 ke [email protected].

Baca juga: 5 Negara ini Tawarkan Kuliah Gratis di Luar Negeri untuk Siswa Internasional

Selamat mencoba!

Selain AsTW, masih ada program beasiswa menarik lainnya untuk kuliah short course seperti StuNed – Short Course, simak terus info menariknya di Galedu.