Share This Story, Choose Your Platform : Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someone

top 10 beasiswaApakah Sobat Galedu bercita-cita melanjutkan studi di luar negeri? Ayo coba program beasiswa agar kamu mendapat bantuan dana untuk melanjutkan studi di negara favoritmu. Kamu tidak perlu bingung karena banyak sekali kesempatan program beasiswa S1, S2, maupun S3 baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Kali ini, Galedu akan membahas 10 beasiswa top dengan reputasi yang sangat baik dan beasiswa yang paling bergengsi dan dibuka setiap tahunnya:

Fulbright Scholarship

Fulbright Scholarship adalah salah satu beasiswa yang populer di dunia. Beasiswa ini sangat bergengsi dan ternama. Fulbright scholarship merupakan beasiswa penuh hingga studi selesai. Program ini disiapkan untuk pelajar internasional dan juga warga Amerika Serikat. Sekitar 7500 pelajar internasional yang menerima beasiswa ini setiap tahunnya. Fulbright Scholarship bertujuan untuk meningkatkan pemahaman antara warga AS dengan negara lain melalui pertukaran pelajar, pengetahuan, dan kemampuan. Sebanyak 294 ribu alumni penerima Fulbright Scholarship Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurus kerjasama pertukaran pelajar AS – Indonesia.

Beasiswa Fulbright ditawarkan dalam berbagai jenis, di antaranya Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program, Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program, Fulbright Presidential Scholarship, Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain. Program ini memberikan dana tunjangan kuliah, tiket pesawat, uang saku, asuransi kesehatan. Fulbright Scholarship memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat jenjang studi S2 atau S3. Pendaftaran beasiswa ini biasanya ditutup bulan April setiap tahunnya. Kunjungi website resmi Fulbright Scholarship di sini

Erasmus Mundus Scholarship

Jika kamu bercita-cita untuk mengenyam pendidikan di Eropa, Erasmus Mundus Scholarship adalah beasiswa populer yang bisa kamu pertimbangkan. Beasiswa ini sangat populer karena dikelola dengan dana besar yang melibatkan konsorsium 27 negara yang ikut serta. Beasiswa ini menawarkan studi S2 atau S3 di Eropa. Pada periode 2009-2013, ada 5.300 beasiswa S2 ditawarkan Erasmus Mundus dan 440 beasiswa disediakan untuk studi S3. Erasmus Mundus Scholarship bertujuan untuk memperkenalkan negara-negara Eropa kepada masyarakat internasional. Program ini menanggung biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan. Sekitar 116 bidang studi S2 dan 29 bidang studi S3 yang didukung oleh beasiswa ini. Kunjungi website resmi Erasmus Mundus Scholarship di sini.

Baca Juga: Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud: Beasiswa S2 dan S3 Dalam Negeri dan Luar Negeri

DAAD Scholarship

DAAD Scholarship merupakan program beasiswa di Jerman untuk pelajar internasional. Program ini mendukung studi S2 dan S3 di universitas di Jerman yang memiliki tujuan untuk menyediakan profesional muda yang memiliki pendidikan akademik yang baik. Beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang, baik di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur. DAAD Scholarship menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain. Setiap tahun sekitar 70.000 beasiswa diberikan. Durasi beasiswa pada umumnya adalah 12 hingga 24 bulan. Beasiswa ini diadakan setiap tahunnya dan deadline aplikasi bervariasi dalam rentang Agustus hingga Oktober setiap tahunnya. Website resmi DAAD Scholarship dapat kamu kunjungi di link berikut.

Chevening Scholarship

Chevening Scholarship merupakan salah satu beasiswa yang paling bergengsi. Beasiswa ini ditawarkan Pemerintah Inggris setiap tahunnya bagi pelajar internasional dan didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO). Sejak 1983, Chevening Scholarship diberikan kepada pelajar internasional dari berbagai negara hingga saat ini melayani 116 negara di luar AS dan Uni Eropa. Setiap tahun sekitar 700 beasiswa diberikan dan memiliki lebih 41 ribu alumni. Chevening Scholarship diberikan kepada individu-individu berbakat yang memiliki potensi kepemimpinan untuk melanjutkan studi S2 di berbagai area studi di Inggris. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dan tanggungan lainnya. Beasiswa ini biasanya dibuka setiap tahun pada bulan Agustus dengan deadline aplikasi bulan November. Kamu dapat simak informasi selanjutnya di website resmi Chevening Scholarship.

Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarships yang juga biasanya diketahui sebagai Australian Development Scholarship (ADS) memberikan kesempatan untuk pelajar intenasional, terutama untuk pelajar yang berasal dari Indo-Pasific untuk melanjutkan studi S1, S2, S3 di universitas Australia dan institusi TAFE (Technical and Further Education). Australia Awards Scholarship menyediakan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, biaya kedatangan, biaya hidup, biaya Introductory Academic Program, biaya Pre-course English, dan biaya asuransi kesehatan. Untuk informasi selanjutnya, kamu dapat kunjungi website Australia Awards Scholarship.

Baca Juga: Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi S1, S2, S3 dari Kemendikbud

Eiffel Excellence Scholarship

Eiffel Scholarship merupakan program beasiswa yang dikembangkan oleh Ministry of Foreign Affairs di Perancis untuk mendukung pelajar internasional yang berpotensi melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di universitas Perancis. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya hidup dan biaya lainnya seperti biaya perjalanan, asuransi kesehatan, aktivitas kebudayaan. Durasi beasiswa adalah antara 12 hingga 36 bulan. Bidang studi yang ditawarkan mencakup Engineering Science, Economics and Management,  Law and Political Sciences. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi bulan Januari.
Website resmi Eiffel Excellence Scholarship adalah di link berikut.

Gates Cambridge Scholarship

Gates Cambridge Scholarships merupakan program beasiswa yang didanai oleh Bill Gates dan diberikan untuk pelajar dari negara di luar UK yang memiliki performa yang luar biasa untuk melanjutkan studi S2 di University of Cambridge, inggris. Gates Cambridge Scholarship merupakan salah satu beasiswa yang populer dan bergengsi karena University of Cambridge merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah di Cambridge dan berbagai biaya lainnya seperti maintenance allowance, biaya perjalanan , biaya visa. Sekitar 95 beasiswa yang akan diberikan setiap tahunnya. Deadline pendaftaran biasanya pada bulan Oktober atau Desember setiap tahunnya. Website resmi Gates Cambridge Scholarship adalah di link berikut.

Netherland Fellowship Programmes (NFP)

Netherlands Fellowship Programmes (NFP) merupakan program menyediakan fellowship untuk training dan edukasi bagi profesional. Program ini sangat populer, terutama bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Belanda. NFP diadakan dan dibiayai oleh Dutch Ministry of Foreign Affairs. NFP menawarkan fellowship untuk S2, S3, atau short courses di universitas Belanda. Program ini memberikan tanggungan biaya hidup, biaya kuliah, biaya visa, biaya perjalanan, asuransi dan biaya riset skripsi. Program ini dibuka setiap tahunnya. Penasaran? Informasi lebih lengkap bisa dilihat di webite resmi NFP.

Baca Juga: UC International First Year Scholarship: Beasiswa S1 di New Zealand

Monbukagakusho Scholarship

Monbukagakusho Scholarship merupakan program beasiswa yang menawarkan kesempatan studi di Jepang. Program ini ditawarkan oleh Japanese Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology. Sekitar 65 ribu pelajar dari 160 negara di seluruh dunia telah mengenyam pendidikan di Jepang. Program ini telah diadakan sejak tahun 1954 dan memiliki beberapa tipe, yaitu Research Students (S2 dan S3), Teacher Training Students, Undergraduate University Students (S1), College of Technology (D-3), Professional Training College (D-2), Japanese Studies. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi yang bervariasi. Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi website Monbukagakusho Scholarship.

Endeavour Awards

Endeavour Awards merupakan salah satu beasiswa favorit dan bergengsi. Beasiswa ini menawarkan pendidikan gratis untuk pelajar internasional dari America, Europe, The Carribbean, Middle East, Asia Pasific untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Australia. Berbagai bidang studi dapat dipilih dalam program ini. Durasi beasiswa S2 adalah 2 tahun dan S3 selama 4 tahun. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya perjalanan, biaya kedatangan, biaya hidup, asuransi dan asuransi. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi pada akhir Juni. Untuk informasi yang lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website Endeavour Awards.